Yuk, Mengenal 7 Kandungan Aktif yang Efektif untuk Mencerahkan Kulit Wajah!

  • 2 min read
  • Jul 08, 2021
Kandungan Aktif yang Efektif untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah yang cerah tanpa noda hitam menjadi impian semua perempuan. Dengan begitu, tidak mengherankan jika skincare yang memiliki kandungan pencerah selalu menjadi favorit banyak orang. Namun, sebelum anda mencoba berbagai produk yang tersedia, tentu saja ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu kandungan aktif yang bisa mencerahkan kulit wajah. Apa saja kandungan aktif tersebut? Simak tips kecantikan berikut ini!

Berikut 7 Kandungan Aktif Yang Efektif untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Terdapat beberapa kandungan aktif yang efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Biasanya kandungan-kandungan tersebut terdapat dalam skincare bisa serum maupun pelembab. Namun sayang, banyak sekali orang yang belum tahu mengenai apa saja kandungan aktif yang cukup efektif untuk mencerahkan wajah ini. Sehingga berikut beberapa kandungan aktifnya:

  1. Alpha Arbutin

Kandungan aktif pertama yang efektif untuk mencerahkan kulit wajah yaitu alpha arbutin. Kandungan aktif ini bekerja dengan menghambat pembentukan melanin dengan mengurangi produksi tirosinase.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa melanin bisa mempengaruhi warna kulit. Semakin sedikit melanin yang dihasilkan maka kulit akan terlihat lebih cerah. Biasanya alpha arbutin bisa didapatkan dari bearberry yang aman digunakan untuk semua jenis kulit.

  1. Vitamin C

Kandungan aktif yang satu ini sudah pasti telah dikenal oleh banyak orang untuk mencerahkan kulit wajah. Vitamin C bisa menghambat pertumbuhan pigmen melanin, membantu produksi kolagen dan menangkal radikal bebas sehingga kulit akan tampat lebih sehat.

Tak hanya itu saja, vitamin C juga efektif untuk menghilangkan noda hitam serta bekas jerawat yang membandel. Sama halnya dengan alpha arbutin, vitamin C juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

  1. Niacinamide

Sebagian dari anda pastinya pernah menggunakan skincare yang mengandung niacinamide bukan? Nah, kandungan aktif yang satu ini bekerja memperlambat proses pembentukan melanin ke lapisan terluar kulit. Tak hanya itu saja, niacinamide juga cocok untuk anda yang memiliki jenis kulit berminyak karena fungsinya mampu menghambat produksi sebum berlebih.

  1. Glycolic Acid Dan Salicylic Acid

Kandungan aktif untuk mencerahkan kulit wajah berikutnya yaitu glycolic acid (AHA) dan salicylic acid (BHA). Kedua kandungan aktif ini bekerja sebagai peeling yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati serta mempercepat pertumbuhan sel baru.

Saat sel kulit mati terangkat maka kulit anda akan terlihat lebih cerah dan halus. Hanya saja, jika anda ingin menggunakan AHA atau BHA maka sebaiknya jangan campurkan dengan retinol karena beresiko kulit anda akan mudah iritasi dan kemerahan.

  1. Kojic Acid

Kandungan aktif yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh negara Jepang yang memang sudah menjadi rahasia kulit cerah perempuan Asia. Kojic acid terbuat dari kristal kecil yang bisa temukan pada jamus tertentu. Kandungan ini bekerja dengan mencegah pembentukan tirosin yaitu asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi pigmen melanin.

  1. Retinol

Retinol merupakan kandungan aktif turunan dari vitamin A yang memiliki banyak sekali manfaat yaitu untuk mencerahkan kulit. Retinol dapat merangsang proses regenerasi sel kulit serta meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu maka kulit anda akan ternutrisi dengan baik dan sehat. Selain itu, retinol juga bisa menjaga elastisitas kulit, mengecilkan pori-pori serta merawat jerawat.

  1. Glutathione

Kandungan aktif yang efektif untuk mencerahkan wajah terakhir yaitu glutathione. Kandungan yang satu ini kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah. Glutathione bekerja dengan mudah untuk menghambat produksi melamin dan mengubah produksi melanin sehingga kulit akan tampak lebih cerah. Tak hanya itu saja, kandungan ini juga bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah.

Nah itulah sekilas tips kecantikan tentang kandungan aktif yang efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Seperti yang telah disebutkan pada ulasan diatas bahwa kandungan diatas kini sudah tersedia di beberapa skincare. Jadi, jika anda ingin kulit yang lebih cerah maka pastikan pilihlah skincare yang mengandung salah satu bahan aktif diatas.