Variasi dan Teknik Blok dalam Permainan Bola Voli

  • 2 min read
  • Aug 23, 2021
Teknik Blok dalam Permainan Bola Voli

Ukuran lapangan bola voli adalah 18 meter yang dibagi menjadi dua yaitu 9 meter per satu tim. Nah, dengan ukuran tersebut maka hadirlah sebuah permainan yang menarik dimana banyak sekali gerakan, gaya maupun teknik yang disuguhkan kepada penonton. Ada smash, servis yang mematikan hingga blok. Nah, salah satu teknik bertahan dalam membendung serangan lawan dalam permainan bola voli disebut dengan blok. Serangan tim bola voli itu sendiri memang bertumpu pada pukulan keras seorang pemain atau biasa disebut dengan smash. Guna mencegah penambahan poin pada lawan maka mau tidak mau smash itu harus dihalangi dengan melakukan blok oleh kubu yang bertahan.

Fungsi blok dalam permainan sebuah bola voli merupakan tembok awal yang dibangun dari sistem pertahanan sebuah tim. Selain itu keberadaan libero serta pemain bertahan lain di garis belakang dapat menerima serangan. Ada dua jenis cara untuk melakukan teknik blok dalam permainan bola voli yang dibagi berdasarkan jumlah pemain. Artinya saat melakukan blok itu ada perbedaan keduanya yaitu blok tunggal maupun blok ganda atau berkawan. Berikut ini penjelasan lengkap secara detail tentang keduanya.

Blok tunggal

Sesuai dengan namanya maka blok tunggal hanya melibatkan satu orang pemain saja yang berupaya untuk menahan smash lawan sehingga bola tidak sampai melintasi net. Untuk melakukan blok secara tunggal ini maka seorang pemain harus bisa bertahan memaksimalkan jangkauan dan rintangan tangannya untuk menahan smash lawan. Teknik blok tunggal di dalam bola voli tidak menjamin serangan bisa terhenti secara penuh karena lawan bisa mengarahkan smash ke posisi yang menjauh dari blok

Blok ganda atau berkawan

Untuk melakukan teknik blok ganda atau berkawan ini dilakukan dua pemain atau lebih secara bersamaan di dekat net. Seperti pada blok tunggal maka masing-masing pemain yang melakukan blok secara berkawan ini haruslah memahami pergerakan arah bola dari hasil smash lawan.

Keberadaan dua pemain atau lebih untuk melakukan blok ganda bisa membentuk sistem pertahanan yang lebih tertutup. Beda dengan blok tunggal yang sangat rentan tidak bisa menutup rapat pertahanan. Satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan teknik blok ganda ini adalah kerjasama bersama atau kemauan bersama untuk merentangkan tangan secara sinkron guna menghalangi smash lawan.

Rangkaian gerakan teknik blok dalam bola voli sangatlah menentukan hasil akhir dari upaya pemain untuk melindungi wilayahnya dari serangan lawan. Blok yang dilakukan dengan dua orang pada bola voli itu dibentuk dari posisi 2, 3 dan 4.

Oh ya, blok yang dilakukan pada permainan bola voli terdiri dari enam aspek atau sikap seperti sikap awal, tumpuan loncatan, loncatan, perkenanan, pendaratan hingga sikap akhir. Adapun blok dalam bola voli harus dilakukan dari posisi depan dekat garis permainan net sehingga saat bola berbalik jatuh dalam wilayah pertahanan lawan maka bisa menghasilkan point.

Selain beberapa posisi dan teknik saat melakukan blok maka ada satu hal yang perlu dipertimbangkan dan sebaiknya tidak diabaikan. Yaitu kondisi atau kesiapan si pemain untuk melakukan blok itu sendiri. Artinya, seorang pemain harus paham posisi bola atau gerakan lawan apakah sedang melakukan smash atau melakukan umpan balik. Kesiapan ini sangat perlu agar sewaktu waktu saat bola dilemparkan dengan cukup keras tidak jatuh di area sendiri. Jadi, selamat berlatih ya!