Tips Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Dapat Diformat

  • 2 min read
  • Jan 24, 2021
Tips Memperbaiki Flashdisk

Eksistensi flashdisk sangatlah banyak dibutuhkan oleh beberapa kalangan orang. Sebagaimana flashdish digunakan untuk menyimpan berkas, data, ataupun berbagai jenis file. Flashdisk dapat dikatakan sebagai salah satu jenis perangkat keras yang memiliki peranan yang penting. Terkait hal ini, flashdisk berfungsi sebagai salah perangkat untuk menyimpan berbagai macam bekas, file atau data yang bisa dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan, yang biasanya digunakan pada PC, smartphone, TV, dan media lainnya yang dapat mendukung flashdisk.

Jika ingin menggunakan flashdisk, kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk memindahlan file. Harga yang di patok pada flashdisk pun sangatlah terjangkau. Flashdisk juga memiliki beberapa jenis kapasitas diantaranya 6GB, 8GB, 16GB, dan lainnya. Bisa di cek Harga Flashdisk 8gb.

Flashdisk pun memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, bentuk pada flashdisk lebih sederhana dibandingkan hardisk. Menjadikan flashdisk lebih praktis dibawa ke mana saja dan tidak memakan banyak tempat. Dengan adanya hal seperti itu, flashdisk juga terkadang terjadi berbagai masalah atau gangguan. Salah satunya ketika flashdisk yang dipasang pada komputer tidak dapat terdeteksi. Oleh sebab itu, tidak bisa digunakan untuk membuka file. Biasanya masalah itu terjadi akibat adanya suatu masalah yang berhubungan pada Windows maupun flashdisk USB yang digunakan.

Adapun jika masalah yang disebabkan terdapat pada sistem kerja Windows, bisa juga untuk melepas dan memasangnya kembali setelah menunggu beberapa saat. Namun, apabila masalah yang terjadi terdapat pada flashdisk USB yang digunakan, maka harus melakukan pengaturan format untuk mengembalikan fungsinya tersebut. Sayangnya, pada kasus tertentu flashdisk justru tidak dapat diformat sehingga akan semakin menyulitkan.

Dengan kejadian seperti problem diatas, sebagaimana yan terjadi pada flashdisk akan dapat diatasi dengan bebera cara untuk mengembalikan format fungsinya.

Tips memperbaiki flashdisk yang tidak dapat diformat

Untuk cara memperbaiki flashdisk yang tidak dapat diformat yang pertama bisa menggunakan pengaturan Disk Management. Adapun Disk Management merupakan suatu program Windows yang sangat berguna untuk melakukan pengaturan seluruh perangkat USB yang disambungkan pada komputer. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan :

  1. Bisa untuk mekan Windows + R, lalu masukkan “diskmgmt.msc” untuk membuka Disk Management.
  2. Cari flashdisk USB yang terdapat di daftar. Jika flashdisk masih muncul, kemungkinan flashdisk tidak terformat dengan benar. Apabila flashdisk tidak terdapat pada daftar USB yang terhubung, maka terdapat masalah tertentu yang perlu diperbaiki.
  3. Untuk mendeteksi dan memastikan masalah yang ada pada flashdisk, kamu juga bisa untuk menghubungkan flashdisk ke port USB lain (memindahkan) di komputer. Jika flashdisk terdeteksi, kemungkinan pada port yang digunakan sebelumnya yang bermasalah. Adapun diketahui flashdisk tetap saja tidak dapat terdeteksi, berarti flashdisk yang bermasalah.
  4. Selain itu, cara mendeteksi dan memastikan masalah yang ada pada flashdisk, kamu juga bisa melakukan dengan menghubungkan flashdisk ke komputer lain. Jika sudah bisa terdeteksi pada komputer lain, maka komputer yang digunakan sebelumnya mungkin ada sesuatu yang bermasalah. Jikalau flashdisk tetap tidak terdeteksi lagi, kemungkinan besar mengalami kerusakan atau masalah tertentu. Hal itu menjadikan salah satu cara untuk mengharuskan kamu agar menggantikannya dengan yang baru dan berkualitas baik, agar tidak terjadi masalah lagi. Harga Flashdisk 8gb