Selain Rasanya yang Menyegarkan, Inilah 9 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Manfaat Buah Naga

Buah naga memiliki bentuk yang unik serta rasa yang enak. Makanya, tidak heran apabila banyak orang yang sudah familiar dengan buah yang satu ini. Apalagi, ada dua variasi pada buah naga, yakni buah naga yang warna dagingnya putih serta buah naga yang warna dagingnya ungu-merahan alias nila. Nah, buah naga merah iin memiliki banyak manfaat loh untuk menunjang kesehatan kita. Agar lebih lengkap, yuk sama-sama cari tahu 9 manfaat buah naga merah berikut ini!

1. Memiliki cairan yang banyak

Sebagai seseorang yang hidup di daerah yang kering, kita dapat mengontrol kandungan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah naga merah. Soalnya, buah yang satu ini memang berperan penting untuk mencegah kemunculan dehidrasi serta membuat tenggorokan kita terasa segar ketika kita mengkonsumsinya.

2. Menyediakan sumber zat besi

Zat besi adalah salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh kita, dan buah naga merah memilikinya dalam jumlah yang memukau. Dalam 100 gram buah naga merah, kita bisa mendapatkan 11 persen asupan zat besi yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

3. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi

Karena adanya vitamin C yang tinggi, buah naga tentu berperan penting untuk membuat tubuh kita tetap bugar dan sehat. Vitamin C yang ada pada buah naga bahkan dinilai memiliki kandungan sebanyak 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan wortel.

4. Menjaga kesehatan jantung

Buah naga pun berperan penting agar kesehatan jantung tetap terjaga. Soalnya, buah yang satu ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita. Apalagi, ada sumber lemak tidak jenuh yang bisa kita dapatkan pada buah naga.

5. Kandungan serat yang tinggi

Untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari, kita perlu menambahkan konsumsi makanan yang kaya serat. Untuk wanita, disarankan mengkonsumsi 25 gram serat, sementara pria disarankan mengonsumsi 38 gram serat. Buah naga bisa menjadi opsi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan serat ini. Untuk

6. Mengontrol kadar gula darah

Karena buah naga dapat membantu tubuh kita untuk mengontrol kadar gula dalam darah, maka buah yang satu ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki diabetes. Soalnya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah naga akan membantu proses regenerasi sel pankreas.

 7. Mengontrol jerawat

Meskipun menjadi masalah yang banyak dialami, jerawat tetap saja mengganggu penampilan  kita. Maka dari itu, untuk mengatasinya, cobalah menggunakan buah naga sebagai masker. Kandungan vitamin C pada buah ini akan mengurangi peradangan akibat jerawat.

8. Membuat kulit teratasi dari terik matahari

Buah naga ternyata juga berperan aktif untuk mengatasi luka pada kulit yang diakibatkan oleh berjemur. Apalagi, buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin B3 yang tinggi sehingga mampu melembapkan kulit yang sudah terbakar.

9. Memelihara kesehatan pencernaan

Di dalam buah naga, terdapat kandungan prebiotik yang merupakan sumber makanan pada bakteri baik pada usus kita. Misalnya saja seperti bakteri Bifidobacteria serta Lactobacilli yang berfungsi membunuh virus maupun bakteri yang menimbulkan penyakit. Makanya, hal ini baik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat pada usus.

Untuk mendapatkan kebaikan dari buah naga merah, kita pun bisa menyantapnya secara langsung atau dengan mengolahnya terlebih dahulu. Yang pasti, dapatkanlah produk buah naga merah berkualitas terpercaya hanya melalui platform online penyedia sayur dan buah nomor 1 di Indonesia, TaniHub.