Perlukah Mengkonsumsi Suplemen Vitamin A untuk Tubuh?

  • 2 min read
  • Nov 09, 2020
Suplemen Vitamin A

Salah satu anggota tubuh yang punya fungsi penting dalam kehidupan adalah mata. Mata merupakan panca indera yang dimiliki manusia untuk melihat. Hampir setiap saat mata akan bekerja kecuali ketika kita tidur. Mata juga perlu diberikan suplemen vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Pentingnya Mengkonsumsi Suplemen Vitamin A

Mata juga merupakan anggota tubuh yang memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi ketimbang anggota tubuh yang lainnya. Tak jarang mata kita suka kemasukan debu membuat mata berair. Selain itu, mata juga mudah kering, mudah sensitif, dan hal lainnya.

Tentu kita menginginkan agar mata selalu sehat, bukan? Ada banyak cara yang perlu agar mata selalu sehat seperti mengonsumsi suplemen vitamin A, serta makanan yang mengandung vitamin A juga bagus untuk dikonsumsi. Lalu, apa saja makanan yang bisa menjadi sumber vitamin A ? Berikut penjelasannya.

Sumber Vitamin A

Vitamin A bisa kita peroleh dari asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Vitamin A ada banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun, apa jadinya ketika kita tidak mengkonsumsi vitamin A ? Tentu kebutuhan kita akan kurang. Nah, agar bisa memperoleh manfaat dari vitamin A, kamu bisa mengkonsumsi jenis makanan seperti buah-buah dan sayuran, serta suplemen vitamin A yang bagus juga bisa dikonsumsi. Tujuan dari mengkonsumsi vitamin A tak lain adalah agar vitamin dalam tubuh tercukupi.

Selain beberapa jenis makanan tersebut kamu juga bisa dengan mudah memperoleh vitamin A dari sumber makanan berikut ini.

  • Hati
  • Ikan
  • Yogurt atau susu
  • Keju
  • Telur
  • Buah seperti apel, pisang, ciplukan, mangga atau buah yang berwarna oranye tua lainnya
  • Mentega rendah lemak dan susu rendah lemak
  • Sereal
  • Sayur kangkung, bayam, dan rumput laut atau sayuran yang berwarna hijau tua
  • Sayur seperti wortel, paprika, dan ubi merah atau sayuran yang berwarna oranye cerah lainnya
  • Kacang-kacangan
  • Dan masih banyak lagi

Manfaat Vitamin A

Kamu juga perlu tahu beberapa manfaat vitamin A bagi tubuh. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah:

  1. Bisa mencegah dan mengobati masalah kekurangan vitamin A yang kita alami.
  2. Bisa menekan perjalanan penyakit mata yang bisa merusak retina.
  3. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, vitamin A bisa membantu untuk mengoptimalkan penglihatan ketika berada di cahaya yang sedang.
  4. Vitamin A bisa menjaga tubuh kita dari berbagai infeksi sehingga bekerja menjadi lebih optimal.
  5. Menjaga kulit tetap sehat.
  6. Ada kandungan retinoid yang bagus untuk mengatasi jerawat serta gangguan kulit lainnya.
  7. Vitamin A juga bisa diberikan secara oral bagi penderita penyakit campak dan mata kering serta bagi mereka yang mengalami kekurangan vitamin A.
  8. Manfaat lainnya dari vitamin A adalah bisa menekan risiko komplikasi penyakit campak.

Namun, perlu diingat bahwa kamu jangan sembarangan dalam mengkonsumsi suplemen tambahan ini termasuk suplemen vitamin A. Sebenarnya kebutuhan akan manfaat vitamin A bisa tercukupi asalkan pola makan kita itu seimbang. Ketika mengalami keluhan jangan malas untuk datang ke ahli seperti dokter. Nah, agar kamu tidak sembarang pilih produk, bisa baca dulu rekomendasi suplemen vitamin A di PickyBest. PickyBest merupakan website yang berisi review produk-produk terbaik yang ada. Beberapa pilihan termasuk suplemen vitamin banyak dibahas pada website tersebut. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.