Perkembangan Bisnis Mebel dan Perkembangan di Pasar Domestik

  • 2 min read
  • Jul 12, 2020
Perkembangan Bisnis Mebel dan Perkembangan di Pasar Domestik

Indonesia adalah salah satu top 20 eksportir mebel terbesar di seluruh dunia salah satunya yang paling terkenal adalah Mebel Jepara dengan reputasi yang mapan terutama dalam bidang outdoor furniture dari kayu jati, bambu dan rotan serta perabotan ukiran.

Dengan sumber daya alam yang melimpah termasuk berbagai jenis kayu, negara telah menarik perhatian dunia sebagai basis manufaktur furniture untuk merek internasional. Namun, penduduk negara itu lebih dari 250 juta orang dan meningkat daya beli konsumen sekarang sedang dianggap sebagai daya tarik terbesar dan menarik bagi para pembuat mebel.

Produsen furniture lokal telah berkembang selama dekade terakhir dan berada di jalur untuk lebih menuai keuntungan dari keunggulan Indonesia tumbuh sebagai produsen furniture menyusul penerapan sistem verifikasi hukum untuk sumber kayu. Sektor Furniture di Indonesia berkembang secara pesat, sementara pasar domestik tetap sensitif terutama terhadap harga, konsumen kelas menengah atas yang tinggi dan Indonesia menunjukkan kepekaan yang sama seperti rekan-rekan global mereka dalam mencari produk diklasifikasikan.

Perkembangan Bisnis

Pada tahun 2013, total nilai ekspor furniture dan produk-produk terkait Indonesia mencapai $ 1800000000 USD dari $ 1400000000 USD pada tahun 2012, dengan pasar penerima utama menjadi Eropa Barat, Amerika Serikat, Jepang, Cina, Malaysia dan Australia (Departemen Perdagangan).

Mebel kayu terdiri bagian terbesar dari ekspor furniture Indonesia pada 58% (ASMINDO). Hari ini, industri mebel di Indonesia menyumbang hanya di bawah 2% dari penjualan mebel di seluruh dunia senilai $ 122.000.000.000 USD (Pusat Studi Industri) dengan China dan Vietnam mendominasi industri dengan lebih dari 50% dari pangsa pasar global gabungan.

Permintaan global untuk produk mebel diperkirakan akan meningkat sebesar 4,2% pada tahun 2014 dan melanjutkan pola ekspansi stabil dengan pasar Asia sebagai mesin pertumbuhan utama. Pemerintah Indonesia telah datang dalam mendukung industri mebel lokal melalui lokakarya pelatihan dan sponsor keuangan untuk menghadiri pameran internasional dalam rangka meningkatkan penetrasi pasar global dan meningkatkan nilai ekspor sampai $ 5 milyar USD pada 2019.

Namun, memanfaatkan keuntungan dari Indonesia yang muda populasi dan angkatan tersedia tenaga kerja serta akuntabilitas bahan baku dan kelestarian lingkungan dalam produksi furniture akan menjadi kunci untuk meningkatkan ekspor sebesar 20%.

Perkembangan di pasar domestik

Mebel Jepara di pasar domestik tetap sensitif terutama terhadap harga, konsumen kelas menengah atas yang tinggi dan Indonesia menunjukkan kepekaan yang sama seperti rekan-rekan global mereka dalam mencari produk yang diklasifikasikan.

Nilai pasar mebel domestik mencapai 9 triliun pada 2013, didominasi oleh merek-merek furniture lokal Indonesia yang menikmati apresiasi konsumen lokal yang luas lebih dari merek asing. Impor mebel Cina dibuat telah meningkat setelah pengenalan ASEAN – China perjanjian perdagangan bebas yang telah menciptakan persaingan harga yang ketat di ujung bawah dari pasar.

Dalam sektor ritel furniture Indonesia dengan pembukaan furniture raksasa Swedia toko pertama IKEA di nusantara. Pintu masuk dari IKEA ke pasar adalah ilustrasi tidak hanya pentingnya konsumen kelas menengah Indonesia dengan merek multinasional yang sekarang ini telah melampaui ambang batas yang signifikan memiliki sebesar $ 5.000 USD pendapatan per kapita (PPP), tapi dari pergeseran yang lebih luas terhadap selera modern dan kebiasaan.

Konsumen Indonesia yang bergerak menjauh dari tangan tradisional mebel ukir kayu untuk produk-produk yang menawarkan fungsi, kenyamanan, desain minimalis yang lebih besar dan tidak selalu mewakili investasi jangka panjang sehingga memungkinkan mereka untuk memperbarui dekorasi rumah mereka secara teratur untuk mencerminkan tren terbaru.

Itulah informasi tentang Perkembangan Bisnis Mebel dan Perkembangan di Pasar Domestik dan kamu juga bisa lihat tentang Furniture Jepara terbaik dan berkualitas. Semoga bermanfaat buat semuanya.