Banyaknya jenis macam pipa PVC perlu anda mengetahui dari masing masing perbedaannya yang dimana masing masing jenisnya memiliki kualitas serta harga yang berbeda beda. Pipa PVC Kelas AW, D dan C ini merupakan kategori pipa Standar JIS (Japanese Industrial Standart). Tentu ini berbeda dengan pipa SNI.

Dengan mengetahui jenis dari pipa PVC JIS berikut ini dapat memberikan anda sebuah pilihan dari pipa yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan berikut perbedaannya.

Ketahanan Tekanan Air

Pada Pipa PVC kelas AW memiliki kemampuan yang tahan terhadap tekanan aliran air yang dimana jenis pipa ini memiliki ketahanan hingga 10 Kg/cm2 , dengan memiliki ketahanan terhadap tekanan air cocok dipakai untuk pipa pada pompa saluran air bawah tanah.

Kemudian pada Pipa Kelas D hanya memiliki ketahanan aliran hingga 5 Kg/cm2 yang cocok untuk digunakan sebagai saluran air yang tidak begitu memiliki tekanan tinggi seperti saluran air Wastafel atau aliran pembuangan.

Untuk yang Kelas C adalah yang memiliki tekanan paling rendah, cocok hanya dipakai untuk saluran pembuangan.

Perbandingan Harga,  Kualitas dan Kebutuhan

Untuk harganya sendiri urutan yang paling mahal dan yang termurah adalah PIPA AW, PIPA D dan PIPA C. Mahal dikarenakan kualitas pipa yang dimiliki misalnya PIPA AW memiliki ketebalan pipa yang besar karena memang didesain untuk aliran tekanan tinggi.

Sedangkan untuk kelas D dan C lebih murah lagi karena hanya dipakai untuk kebutuhan aliran air biasa. Tentu semakin baik kualitasnya akan mempengaruhi umur penggunaanya.

Namun untuk kebutuhan sangat tergantung pastikan anda memilih tipe kelas pipa yang benar, misalnya jika ingin membeli sebuah pipa untuk saluran pembuangan air bisa memakai antara kelas D atau kelas C. Karena jika menggunakan PIPA AW akan terasa rugi jika hanya digunakan untuk saluran pembuangan. Sehingga ketika membeli pipa sesuai kebutuhan dapat lebih menghemat uang anda.

Itulah informasi singkat tentang Jenis pipa JIS dikelas AW, D dan juga C. Dengan mengerti kegunaannya dari masing masing pipa bisa membeli pipa yang sesuai dengan kelasnya.