Penjelasan Seputar Watermark dan Fungsinya

  • Doxapest
  • Jan 29, 2021
Watermark dan Fungsinya

Mungkin saja kamu mengetahui apa itu watermark, dan mungkin juga ada yang pernah mendengar istilah watermark baik secara langsung maupun melalui internet. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui maksudnya, bahwa sebenernya watermark itu apa sih? Bagi kamu yang biasa melakukan shoot foto tentu akan memiliki banyak koleksi hasil dari pengambilan gambarnya tersebut. Terkadang juga kamu membagikan hasil fotonya pada platform sosial media, yang mana akan membuat tempat online kamu terkagum dan antusias untuk melihatnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang watermark yang mana sudah terealisasikan di media-media sosial. Sekarang waktunya bagi kamu untuk mengetahui pengertian yang sebenarnya mengenai watermark.

Apa itu watermark?

Watermark atau tanda air memiliki pengertian sebuah tanda baik yang berupa tulisan maupun gambar logo yang tertanam pada foto atau gambar digital. Tanda ini biasanya untuk memberikan sebuah informasi kepada orang lain bahwa foto tersebut adalah hasil karya miliknya.

Watermark atau gambar logo biasanya terletak pada bagian bawah sebelah kanan atau kiri dari sebuah foto digital. Akan tetapi tidak sedikit juga yang meletakkannya di tengah-tengah dengan tampilan yang dibuat samar-samar agar tidak mengganggu tampilan pada foto utamanya.

Bagaimana dengan fungsi watermark? Untuk fungsi dari watermark akan di ulas pada pembahasan berikutnya, dibawah ini.

Fungsi yang dimiliki watermark

Setelah diatas tadi membahas terkait watermak itu apa, sekarang giliran beralih ke fungsi dari watermark itu sendiri.

  1. Hak cipta

Fungsi yang dimiliki oleh watermark ialah sebagai hak cipta, yang berguna untuk melindungi hasil karya penciptanya. Hal tersebut dilakukan agar tidak disalah gunakan oleh orang lain yang mungkin tidak bertanggung jawab.

Mungkin kamu juga mengetahui terkait pembajakan hasil karya seseorang, dan mengklaim bahwa karya tersebut merupakan milik si pembajak. Untuk tindakan pembajakan tersebut dapat merugikan pencipta aslinya. Oleh karena itu, dengan menanamkan sebuah watermark, logo bisa berguna untuk melindungi hasil karya dari tindak jahat dari para pembajak.

  1. Sebagai identitas

Fungsi berikutnya yang dimiliki oleh watermark adalah sebagai salah satu identitas hasil dari sebuah karya untuk memudahkan orang lain mengenalinya. Fungsi watermark yang digunakan sebagai identitas biasanya digunakan olej instansi maupun fotografer professional yang memilki banyak penggemar (fans).

  1. Promosi

Fungsi dari watermark selain sebagai hak cipta dan logo, watermark juga berfungsi sebagai salah satu media promosi yang digunakan bagi sebagian orang atau bisa disebut dengan pelaku usaha.

Ambil contoh yang berada di media sosial misalkan, terdapat foto, yang mana foto tersebut tertanam watermark dengan tersirat tulisan alamat restoran, hotel, minimarket ataupun tempat usaha lainnya.

Pastinya untuk menanggapi kejadian itu, kamu bisa menangkap foto tersebut merupakan hasil karya yang mana dilakukan pada tempat yang tertulis pada watermark.

Untuk saat ini, banyak sekali para pelaku usaha yang memanfaatkan penggunaan dari watermark tersebut. yang bertujuan untuk media promosi seperti pada e-commerce, situs penyedia jasa, dan lain sebagainya yang bersangkutan. Pada langkah ini, dijadikan sebagai sebuah strategi marketing yang berguna untuk memperkenalkan usahanya kepada orang lain dengan lebih mudah.

Bahkan untuk saat ini banyak beredar di media sosial aplikasi-aplikasi yang menghibur seperti tiktok. Dulu sempat diretas, sekarang banyak yang menggunakannya untuk sarana teman hiburan saat dirumah aja. Terdapat pula tiktok tanpa watermark yang bisa kamu gunakan, untuk memainkannya.