Tidak ada perasaan yang lebih baik di hari yang panas selain mampu menghidupkan AC di mobil Anda dan akhirnya menemukan sedikit kelegaan dari panas yang tak tertahankan. Ini bisa dibilang salah satu fitur terpenting dalam kendaraan karena kadang-kadang menurunkan jendela tidak memotongnya.

Namun, penting bagi Anda mengetahui cara yang tepat untuk menggunakan pendingin udara Anda untuk menghindari tekanan berlebihan pada mesin atau mengurangi bahan bakar Anda jarak tempuh. Jadi sebelum Anda menghidupkan udara, pertimbangkan tip-tip ini untuk memastikan bahwa Anda memaksimalkan efisiensi Service AC Mobil Anda dan bahwa Anda menggunakannya dengan benar untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu dan dapat dihindari.

Kiat untuk memaksimalkan efisiensi AC

  • Park in Shade

Ini mungkin terdengar tidak penting tetapi satu cara untuk mulai meminimalkan pekerjaan AC adalah dengan parkir di tempat yang teduh, terutama jika Anda akan berada jauh dari mobil Anda sepanjang sore. Tidak peduli seberapa panasnya sepanjang hari, naungan setidaknya akan membantu menurunkan suhu di dalam kendaraan Anda ketika Anda kembali.

  • Roll the Windows Down

Cara lain untuk membantu mobil Anda menjadi dingin dengan cepat tanpa langsung ke AC adalah dengan memutar keempat jendela ke bawah dan mengemudi sebentar, biasanya Anda tidak perlu melaju lebih cepat dari 10 atau mungkin 15 mil per jam yang akan memungkinkan udara segar masuk ke dalam kendaraan sambil memaksa udara panas dan stagnan keluar.

  • Mulai Dengan Pengaturan Rendah

Segera menghidupkan AC ke tingkat tinggi akan menyebabkan keausan yang lebih cepat dan dapat menyebabkan panas berlebih karena lebih banyak energi daripada biasanya diperlukan untuk mendinginkan dengan cepat tanpa pemanasan. Ketika Anda pertama kali menyalakan udara, mulailah dengan pengaturan yang lebih rendah dan biarkan sedikit memanas sebelum menaikkannya lebih tinggi jika cuaca di luar tak tertahankan.

  • Sirkulasi Udara di Mobil

Menggunakan opsi resirkulasi dengan AC Anda akan memastikan bahwa udara panas dari luar tidak ditarik ke dalam mobil saat AC sedang berjalan dan mencoba mendinginkan interior. Dengan pendinginan bagian dalam, pendingin udara tidak perlu bekerja keras untuk melanjutkan pendinginan.

Bagimana Cara Penggunaan AC Mobil yang Tepat?

  • Jangan Segera Matikan Udara

Mungkin salah satu perawatan AC yang paling tidak tepat adalah mematikan kendaraan Anda segera setelah tiba di tujuan tanpa mematikan AC terlebih dahulu. Setelah Anda mematikan udara, biarkan kipas menyala dengan kecepatan sedang untuk mengeringkan evaporator AC . Ini akan berada di dekat es dingin dan dapat menyebabkan kondensasi yang dapat menyebabkan genangan air terbentuk di bawah kendaraan Anda, sehingga dengan membiarkan kipas bekerja, itu akan mengurangi kelembaban dan kondensasi yang menumpuk dan akan mencegah lumut dan bakteri menumpuk di atas evaporator dan bagian lainnya.

  • Perhatikan Efisiensi Bahan Bakar

Ingat, menggunakan AC Anda akan memakan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda karena kompresor AC diaktifkan oleh mesin. Menggunakan AC pada pengaturan tinggi terutama akan mengarah pada penurunan efisiensi bahan bakar jadi jika Anda tidak membutuhkan udara setinggi itu, maka hindari menggunakannya secara berlebihan dan memotong tingkat bahan bakar mobil Anda.

  • Sediakan AC Anda Setiap Tahun

Servis AC Anda secara teratur akan membantu memastikan AC tetap andal bahkan dalam kondisi terpanas. Ada sejumlah bagian dalam sistem pendingin udara yang membantunya bekerja dengan benar dan salah satu dari komponen ini dapat rusak dan memerlukan servis berkala untuk memastikan mereka berfungsi dan berfungsi dengan baik. Saat AC Anda diservis, pastikan mekanik memeriksa level refrigeran . Meskipun terkadang tidak termasuk dalam layanan kendaraan standar, sistem AC Anda diperiksa setahun sekali oleh pusat servis otomatis yang dapat dipercaya akan membantu memastikan bahwa Anda tidak terkena suhu musim panas yang tak tertahankan dengan AC yang tidak berfungsi. Periksa Kompresor AC. Jika ada kendala bisa ke bengkel ac mobil.