Panduan Menagani Masalah Kulit Sensitif Pada Anak

  • 2 min read
  • Mar 25, 2021
Kulit Sensitif Pada Anak

Kulit Bayi memang sangat rentan akan terkena banyak masalah kulit karena pada dasarnya kulit bayi yang sangat sensitif, sehingga mudah mengalami kekeringan, iritasi, radang, ruam, dan kemerahan. Bukan hanya itu, bayi juga sangat mudah terkena alergi yang di sebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah penggunaan bahan kimia yang terdapat pada suatu produk yang di gunakan baik untuk mandi, pakaian, makanan atau yang lainnya.

Agar bunda di rumah bisa mencegah alergi yang bisa saja menyarang si kecil di rumah yang masih rentan terkena alergi yang di sebabkan kulit sensitif, yaitu dengan cara perawatan dan mengatasi masalah alergi kulit yang tepat dan benar. Berikut cara mencegah alergi serta merawat kulit sensitif pada bayi.

Dalam upaya mengurangi risiko alergi kulit pada bayi, ada berbagai cara yang bisa bunda lakukan di rumah untuk bisa mencegah alergi dan merawat kulit sensitif pada bayi, tentunya sesuai dengan jenis alergi yang dialami oleh si bayi.

Gunakan Produk Khusus untuk Perawatan Bayi

Hal yang mendasar dalam merawat dan mencegah alergi kulit bayi adalah menggunakan produk yang khusus diformulasikan untuk bayi. Umumnya produk bayi tidak mengandung bahan yang berbahaya (racun). Seperti pewarna, alkohol, serta bahan-bahan lainnya yang berbahaya untuk kulit bayi.

Jangan samakan produk bayi dengan produk orang dewasa, hal ini sangat penting untuk para bunda tahu perbedaan penggunaan produk tersebut. Jangan sampai produk orang dewasa di gunakan pada bayi. Yang pastinya memiliki kondisi kulit yang berbeda, jika bunda di rumah bingung untuk memilih produk yang pas untuk si kecil saya punya solusinya yaitu produk dari MS Glow Kids yang mengandung bahan alami yang pastinya aman digunakan pada bayi.

Sebelum bunda membeli produk untuk bayi, pastikan terlebih dahulu lihat dan cek kandungan yang terdapat pada kemasan produk bayi tersebut agar nantinya saat digunakan kandungan yang berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya. Berikut beberapa kandungan yang harus di hindari saat membeli produk untuk bayi.

a. Produk Harus Bebas dari Pewangi dan Pewarna

Jika di suatu produk mengandung bahan pewangi atau pewarna dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi iritasi.

b. Tidak Ada Kandungan Antibakteri dan Antimikroba

Walaupun fungsi dari kandungan tersebut agar membunuh kuman, akan tetapi produk yang terdapat kandungan seperti antibakteri dan antimikroba tidak baik digunakan untuk kesehatan kulit bayi. Maka dari itu hindari pemilihan produk bayi yang mengandung dua zat tadi.

c. Tidak Ada Zat Paraben dan Phthalates

Kandungan zat paraben adalah sebuah zat pengawet, dan sedangkan untuk phthalates bisa juga berguna untuk pelembut pada produk perawatan kulit. Akan tetapi kedua bahan tersebut dapat berpotensi membuat kulit bayi mengalami alergi serta gangguan pada tumbuh kembang si kecil.

d. Bebas Alkohol

Hindari pemilihan produk bayi yang mengandung alkohol, mungkin bunda tidak akan menemukan kata ini dalam kemasan produk. Karena biasanya kandungan alkohol dinamai dengan ethyl alkohol atau juga etanol. Jenis alkohol tersebut bisa mengakibatkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif.

Saran saya gunakan produk yang berbahan dasar alami yang sudah dipastikan keamanannya, seperti MS Glow Kids yang mengandung bahan-bahan alami seperti Royal Jelly, Avocado Oil dan lain sebagainya, sehingga dapat mengatasi masalah kulit sensitif pada bayi. Bunda juga bisa membeli produk MS Glow Kids langsung dari website resminya di www.mskids.co.id.