Pernahkah kamu berpergian menggunakan kereta api dengan waktu tempuh yang bikin kamu mati gaya? Kalau memang pernah, maka bukan kamu saja yang pernah merasakannya. Bahkan, hampir semua orang di dunia ini pernah merasakannya.

Kereta api menjadi mode transportasi yang memiliki ketepatan waktu terbaik. Salah satu aktivitas menyenangkan yang dilakukan untuk mengusir rasa kebosanan adalah dengan bermain gadget, mulai dari bermain sosmed, menonton film hingga mendengarkan musik. Serasa dunia milik sendiri dan waktu bisa berlalu dengan cepat kalau memegang gadget.

Namun apa daya kalau sedang perjalanan jauh, contohnya kereta dari Surabaya ke Jakarta yang memakan waktu kurang lebih 10 jam, tiba – tiba gadget kehabisan baterai. Mau menggunakan soket di kereta tapi digunakan oleh orang sebelah. Nah untuk mengusir rasa kebosanan kamu saat di kereta saat gadget mati bisa menggunakan cara berikut ini. 

Pastikan kamu memilih duduk dekat jendela

Duduk dekat jendela di kereta memang surga. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat. Selain dekat dengan colokan, kamu juga mendapatkan layar kaca yang menyuguhkan pemandangan indah hamparan sawah nan hijau dengan secuil manusia yang ingin membuat kamu turun dari kereta sejenak.

Menikmati pemandangan dari balik jendela membuat kamu bisa merasakan lamunan dan mendapatkan beragam ide yang terlintas di pikiran. Biarkan pikiran kamu bergerak dengan bebas mencari sudut – sudut pandang sehingga mendatangkan suatu kepuasan tersendiri. 

Membaca buku ringan

Buku ringan yang dimaksud adalah buku yang kamu sukai, contohnya komik, novel atau kumpulan buku humor. Nah, membaca buku bisa mengusir rasa jenuh kamu selama di kereta. Tapi pastikan kalau buku yang kamu bawa tidak memiliki huruf dengan sudut tajam. Huruf – huruf tersebut malah akan membuat kamu cepat lelah saat membaca. Untuk referensi, coba bawa buku karangan dari om Pidi Baiq yang membuat perjalanan kamu semakin menyenangkan penuh dengan tawa dan senyum.

Menggambar

Kegiatan yang satu ini bisa memakan waktu cukup lama. Terlebih bagi kamu yang sudah lama tidak menggambar. Coba saja bikin sketsa yang ada di benak kamu. Selain itu, kamu juga bisa menggambar suasana yang ada di kereta atau sebuah foto yang pernah kamu abadikan dan tersimpan di album ponsel kamu. Cukup bawa buku ukuran A5 saja, pensil 2B, 6B dan 2H serta penghapus kecil.

Mengobrol

Cara paling klasik untuk menghilangkan kejenuhan tapi sangat manjur adalah dengan mengobrol. Terlebih kalau kamu menemukan lawan bicara yang memiliki ketertarikan sama. Untuk memulai mengobrol dengan orang asing, coba basa basi dulu dengan menanyakan tujuan, baru bisa menanyakan aktivitas. Kemudian kamu bisa mulai menanyakan hal – hal yang klise dari kegiatan sehari-hari. Biasanya orang akan menanyakan balik. Jika tidak berarti dia tidak ingin diganggu.

Pergi ke gerbong makanan

Gerbong makanan biasanya ada di tengah rangkaian. Biasanya sepi sebab kebanyakan penumpang sudah bawa bekal sendiri atau membeli dari pegawai yang lewat di gerbong. Di sini, kamu bisa memesan makanan. Untuk memilih tempat duduk bisa tempat duduk yang ada orang. Namun tanyakan dulu apakah sudah ada orangnya atau belum. Setidaknya selama makan, kamu mendapatkan teman ngobrol.

Ngemil

Semua orang setuju kalau ngemil tidak pernah membosankan, terutama dalam perjalanan. Namun pastikan cemilan yang kamu bawa tidak bikin kenyang. Coba saja, bawa kuaci. Selain susah bukanya, cukup menyenangkan ngemil kuaci sembari menikmati pemandangan. Jangan lupa tawari orang di sebelah kamu.

Bermain kartu

Kegiatan ini tidak bisa kamu lakukan sendiri, harus ada lawan mainnya. Namun saat kamu memulai permainan ini, pasti tidak akan terasa kalau kereta yang melaju sudah sampai di tempat tujuan.

Origami

Origami menjadi pilihan terakhir untuk mengusir rasa kebosanan. Kamu bisa mendownload aplikasi origami di ponsel pintar kamu. Ada banyak contoh origami yang bisa kamu coba. Setidaknya kamu bisa kembali ke masa kecil. Untuk kertasnya bisa kamu dapatkan dengan mudah dari dalam tas kamu. Tapi lemaskan dulu jari jemari kamu sebelum membuat kreasi origami.