Ketika Anda membaca menu-menu ini, atau menu sampel lainnya, penting untuk dicatat bahwa tidak semua bayi akan makan dalam jumlah yang sama dengan yang lain, dan mereka juga tidak akan makan makanan yang sama. Hal ini disebabkan oleh perbedaan usia bahwa bayi memulai makanan padat serta fakta bahwa semua bayi tidak sama. Jangan merasa bayi Anda harus makan makanan padat sesuai jadwal apa pun.

Bayi Anda akan makan makanan padat sebanyak yang dibutuhkan bayi Anda percayai isyarat bayi Anda. Menu pemberian makan bayi di bawah ini dirancang untuk memberi Anda gambaran tentang apa yang bayi makan dari usia 8 bulan hingga 12 bulan. Bayi Anda dengan cepat pindah ke makanan baru, lebih banyak makanan, dan kemandirian yang lebih besar. Pada tahap/waktu ini, dia sekarang telah diperkenalkan ke berbagai menu mpasi yang lebih luas.

Masih ada berbagai makanan yang belum dicoba oleh bayi Anda dan reaksi yang merugikan masih mungkin terjadi. Pada titik ini, Anda mungkin secara bertahap meningkatkan jumlah makanan padat yang dimakan bayi Anda seiring bertambahnya usia bayi dan menjadi terbiasa makan makanan padat. Tawarkan bayi Anda 1 atau 2 kubus makanan dari setiap item ketika bayi Anda mengindikasikan dia siap untuk lebih.

Anda mungkin juga berpikir tentang memperkenalkan makanan jari dan lebih banyak makanan “meja” bertekstur pada rentang usia ini. Semua bayi berbeda dan bayi Anda mungkin makan lebih atau kurang dari apa yang ditunjukkan pada contoh grafik ini. Menu dan jadwal sampel ini menguraikan contoh dan menunjukkan ide untuk makanan padat saja. Itu tidak memperhitungkan, juga tidak mencatat, total ASI harian atau asupan Formula.

Apaakh menu makanan pendamping ASI?

Lihat bagan “Susu“ yang Disarankan ”di bawah ini. Seperti biasa, Anda harus memberi makan bayi Anda sesuai dengan isyarat dan kebutuhannya. Selalu konsultasikan dengan dokter anak Anda jika Anda khawatir bayi Anda tidak menerima ASI atau makanan padat dalam jumlah yang tepat. Stop3 Penting untuk dicatat bahwa bahkan pada tahap ini, tidak semua bayi berusia antara 8-12 bulan akan makan dalam jumlah yang sama juga tidak akan makan makanan yang sama.

Sekali lagi, karena perbedaan usia bayi memulai makanan padat, beberapa bayi berusia 10 bulan mungkin belum memiliki produk susu misalnya. Ada banyak bayi yang tidak mulai makanan padat sampai usia 8 bulan dan dengan demikian, sampel menu khusus ini tidak akan sesuai. Mengikuti grafik atau jadwal apa pun yang ditawarkan mungkin tidak cocok untuk bayi Anda. Contoh menu kami adalah untuk tujuan contoh dan ide.

Menu disesuaikan untuk memberi Anda ide tentang jenis makanan apa yang bisa Anda sajikan pada waktu makan yang berbeda untuk mendapatkan keseimbangan nutrisi dan variasi yang baik. Saran menu ini mengasumsikan bahwa Anda telah memperkenalkan makanan yang disebutkan dan bahwa Anda telah menunggu periode waktu yang tepat untuk mendeteksi reaksi alergi.

Jangan merasa bayi Anda harus makan makanan padat sesuai jadwal apa pun. Bayi Anda akan makan makanan padat sebanyak yang dibutuhkan bayi Anda percayai isyarat bayi Anda. Jangan mengganti menyusui atau memberi susu botol dengan makanan padat dan jangan memberi makan makanan padat terlebih dahulu sampai dokter anak Anda menunjukkan ini tepat untuk bayi Anda. Demikian menu makanan pendamping ASI untuk bayi.