Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Rambut

  • 2 min read
  • Sep 01, 2021
Bawang Putih

Kesehatan dan kecantikan rambut perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik. Mulai dari keramas dengan rutin, menggunakan masker rambut, bagi yang berjilbab perlu untuk menghindari hal yang menyebabkan rambut rontok, mengatasi ketombe, dan juga masih banyak lainnya. Untuk menghindari dan mengatasi masalah rambut tersebut bisa menggunakan bahan alami termasuk memanfaatkan bawang putih. Bahan yang mudah ditemukan di dapur ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Beberapa khasiat bawang putih untuk rambut yang bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Menjaga dari Bakteri dan Kuman

Bawang putih dikenal merupakan bumbu dapur yang mempunyai sifat antibakteri. Sehingga hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjaga rambut dari bakteri dan kuman. Bawang putih mempunyai kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B6, vitamin C, mangan, dan selenium. Kandungan tersebut dapat membantu untuk memberikan nutrisi bagi rambut. Bawang putih ini juga mempunyai sifat antimikroba dan antijamur alami. Hal tersebut bermanfaat untuk membunuh bakteri dan ampuh melawan kuman yang dapat menyebabkan kulit kepala rusak dan membuat pertumbuhan rambut menjadi lambat.

Manfaat bawang putih selanjutnya untuk kecantikan rambut adalah dapat membantu menumbuhkan rambut dengan efektif dan alami. Khasiat ini ditemukan dari penelitian yang dimuat di Indian Journal of Dermatology, Vereonology, dan Leprology. Bawang putih dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut bagi orang alopecia areata. Kondisi alopecia areata adalah ketika kerontokan rambut yang terjadi karena sistem imunitas tubuh yang kurang baik sehingga membuat rambut rontok lebih mudah. Bawang putih juga mempunyai kandungan methylsulfonylmethane yang merupakan sumber sulfur di bagian luarnya. Bahan ini dapat untuk membuat pembentukan keratin rambut sehingga membantu pertumbuhan rambut lebih efektif. Terakhir, mengapa rambut bisa membantu pertumbuhan rambut lebih efektif juga karena mempunyai kandungan vitamin C. Kandungan ini dapat memproduksi kolagen meningkat sehingga merangsang pertumbuhan rambut lebih baik.

Melindungi Kulit Kepala

Bumbu dapur bawang putih yang mudah ditemukan juga dapat melindungi kulit kepala. Bawang putih mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk melindungi keratinosit dari kerusakan yang disebabkan paparan sinar UV. Selain itu kandungan dalam bawang putih juga membantu untuk bahan anti penuaan. Bagian keratinosit merupakan bagian lapisan luar kulit kepala dan di folikel rambut dan merupakan tempat sel kulit yang menghasilkan keratin.

Mencegah Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang banyak dialami orang. Selain dapat mengganggu penampilan, ketika mempunyai ketombe yang banyak juga dapat membuat kulit kepala menjadi gatal. Oleh karena itulah singkirkan ketombe yang juga bisa dibantu dengan bahan alami menggunakan bawang putih. Bahan ini mempunyai kandungan selenium di dalamnya yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal tersebut akan membantu membersihkan folikel rambut, membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mencegah kerontokan rambut. Kandungan tersebut juga ampuh untuk menenangkan kulit kepala dan mengatasi ketombe yang mengganggu.

Selain untuk menjaga kecantikan dan mengatasi masalah rambut, bawang putih juga memberikan manfaat lainnya. Mulai dari bisa membantu mengatasi anosmia, bisa mendukung tubuh lebih sehat, dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mengusir serangga dan hama dengan lebih mudah. TaniHub merupakan tempat yang menjual berbagai produk rumah tangga yang Anda butuhkan, termasuk juga bumbu dapur seperti bawang putih. Sehingga untuk menyediakan stok bawang putih, bawang merah, cabai, dan lainnya bisa membelinya secara online mudah lewat TaniHub.