Jenis-jenis Optimasi SEO Perlu Anda Ketahui

  • 2 min read
  • Aug 03, 2021
Optimasi SEO

Anda mungkin pernah mendengar istilah SEO ketika sedang menjelajahi dunia maya. Bagi para praktisi blogging, istilah SEO ini bukanlah hal baru lagi. Namun bagi para pengguna internet awam, arti SEO dan alasan banyak orang mencoba mempelajarinya mungkin masih menjadi pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Oleh sebab itu, kali ini kami ingin membahas mengenai SEO dan jenis-jenis optimasinya.

Pengertian SEO

SEO (search engine optimization) juga disebut sebagai optimasi mesin pencari. Definisi dari SEO sendiri adalah aktivitas atau upaya tertentu yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi ranking situs atau visibilitas di mesin pencari.

SEO umumnya melibatkan berbagai metode optimasi keyword yang sudah diriset sebelumnya. Situs yang sudah teroptimasi dengan baik akan memiliki tampilan pada posisi pertama di halaman utama mesin pencari, terutama Google.

Jenis-jenis Optimasi SEO

Setelah mengetahui makna dari SEO tidak lengkap jika anda tidak mencoba memahami apa saja jenis-jenis optimasi SEO. Secara umum, jenis optimasi tersebut ada dua, yakni SEO on page dan SEO off page. Berikut penjelasan lengkap mengenai keduanya :

SEO On Page

SEO on page merupakan rangkaian upaya untuk mengoptimasi website yang dilakukan pada situs milik anda sendiri supaya halaman-halaman yang tersedia diweb anda memenuhi kriteria artikel SEO yang baik.

Jenis optimasi ini merupakan optimasi yang cukup mudah untuk diterapkan, bahkan sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh para blogger.

Teknik SEO on page bisa dilakukan dengan menyisipkan keyword atau kata kunci yang sesuai dan relevan pada beberapa bagia yang terdapat di situs anda. Contohnya :

  • Judul artikel atau judul situs
  • Permalink atau URL
  • Meta Deskripsi pada halaman utama serta di dalam artikel
  • Heading
  • Isi situs atau isi artikel
  • Image dan image ALT
  • Kategori

SEO Off Page

SEO off page merupakan jenis SEO yang menjadi rangkaian proses optimasi, namun dilakukan di luar lingkungan web anda. Meskipun demikian, optimasi ini merupakan bagian dari berbagai faktor yang bisa mempengaruhi ranking website anda. Dalam hal ini, anda akan diajak untuk berkenalan dengan istilah backlink atau sering disebut sebagai tautan balik.

Teknik SEO off page salah satunya dilakukan dengan membangun backlink atau link building dari situs tertentu yang mengarah pada situs anda. Apa tujuannya? Tujuannya yaitu untuk meningkatkan popularitas dari situs yang nantinya juga menjadi bagian dari indikator untuk menentukan posisi situs tersebut di mesin pencari Google.

Metode SEO off page ini terus berkembang dan mengalami sejumlah perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan, beberapa praktisi blogger menganggap bahwa backlink bukanlah hal yang penting lagi.

Akan tetapi, beberapa praktisi yang lain masih berpendapat bahwa backlink masih sangat penting dan menjadi penentu yang baik selama diterapkan dengan tahapan yang benar. Berikut ini beberapa jenis backlink terbaik menurut praktisi SEO yang bisa anda jadikan rekomendasi.

  • Jejaring sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Google+, dan lainnya
  • Forum signature (forum detik, kaskus, forum kompas)
  • Web 2.0 properties (WordPress, Tumblr, Blogspot, Weebly, dan sebagainya)
  • Social bookmark
  • Guest post
  • Komentar blog dengan mengunjungi blog sejenis kemudian meninggalkan tautan serta komentar

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian SEO serta jenis-jenis optimasinya. Bagi anda yang ingin melakukan SEO off page diharapkan untuk berhati-hati dalam memilih backlink. Ada beberapa kriteria backlink yang tidak baik menurut Google. Untuk itu, anda bisa meminta jasa backlink yang sudah berpengalaman untuk usaha optimasi SEO anda.