Inilah Manfaat Membangun Rumah Kayu yang Perlu Kamu Ketahui

  • 2 min read
  • Aug 19, 2021
Membangun Rumah Kayu

Kayu merupakan hal yang sangat berguna sekali di zaman sekarang karena bahan satu ini bisa dibuat untuk membangun rumah. Jika sebelumnya kayu hanya berfungsi untuk bagian atap atau bagian lainnya tetapi kini kayu bisa untuk semua bagian untuk pembangunan rumah. Dengan ini dominasi kayu sudah mulai meningkat daripada batu bata atau batoko yang biasa digunakan untuk bahan pembangunan rumah.

Pemilih pada bahan kayu tentu suatu pilihan yang patut diperhitungkan karena kayu memiliki ketahanan lebih lama dari batako dan batu bata. Sehingga, banyak orang yang sekarang yang lebih menggandrungi kayu daripada bahan lainnya. Mengapa bisa demikian? Untuk menemukan jawabannya kamu bisa baca artikel ini hingga habis agar tau manfaat rumah kayu ini.

Penyerapan Suara yang Baik

Jika kamu tinggal di desa atau di kota terutama yang dipinggir jalan pasti selalu terganggu dengan suara-suara yang dari luar. Bentuk suara tersebut bisa dalam segala hal misalnya sepeda motor, mobil atau anak-anak yang bermain. Tentu hal seperti ini sangatlah mengganggu apalagi posisi kamu sedang bekerja atau belajar sesuatu.

Jika kamu ingin hal seperti itu tidak terjadi maka opsi untuk menggunakan rumah kayu sangatlah diperlukan. Hal ini tidak lain karena rumah kayu mampu menyerap suara dengan baik. Sehingga, berbagai suara yang datangnya dari luar tidak akan begitu mengganggu pada kamu. Dengan itu, ketika kamu belajar atau bekerja di rumah pasti tidak akan terganggu dengan suarana di luar.

Investasi Jangka Panjang

Dengan menggunakan rumah kayu memang dari sisi desainnya terlihat kuno tetapi ada juga rumah kayu yang bahannya kayu tetapi desainnya juga modern. Tidak hanya itu, rumah kayu ini juga tidak banyak ada di suatu daerah tertentu baik perkotaan maupun dipedesaan. Sehingga, rumah seperti ini tergolong unik dan besar kemungkinan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Karena orang sekarang lebih senang kepada sesuatu yang bentuknya unik dan juga dari bahan kayu.

Bentuk dari itu semua karena banyak sekali beberapa restoran yang ingin membangun rumah makan dengan konsep kayu. Ini menunjukkan popularitas dari kayu memang banyak disukai oleh banyak orang. Sehingga, dengan membangun rumah kayu dari sekarang merupakan momen yang tepat untuk membuat rumah dengan bahan kayu ini.

Tahan Gempa

Umumnya di Indonesia memang sering terjadi adanya gempa sehingga banyak rumah dengan bahan beton yang ada bagian retak di dalam. Bahkan tidak bisa dipungkiri juga bahan beton juga akan roboh jika terkena gempa yang besar.

Tetapi tidak demikian dengan rumah berbahan kayu yang memiliki elastiis lebih kuat daripada beton. Karena elastis inilah kayu mampu menahan adanya gempa tersebut selama bukan gempa dengan skala besar. Tidak hanya itu, bahan kayu juga tidak ada retakan saat terjadi gempa sedangkan rumah berbahan beton malah terjadi retakan di bagian dindingnya

Itulah beberapa kelebihan atau manfaat kamu menggunakan kayu sebagai bahan untuk pembangunan rumah. Dengan ini maka kamu perlu mempertimbangkan untuk membangun rumah kayu yang kenyataannya mampu bertahan lebih lama.

Tetapi untuk membangun rumah kayu jangan asal membangun tetapi harus ada desain yang terbaik agar tidak sia-sia membuang uang untuk membangun rumah. Untuk itu, kamu bisa menggunakan jasa desain rumah Surabaya untuk dijadikan partner dalam membangun rumah. Jasa satu ini akan mampu memberikan desain terbaik ketika kamu ingin membangun rumah dengan bahan kayu.