Bibit buah dan Buah kedondong memang terkenal mempunyai rasa yang asam, tetapi jangan dibalik rasa buah kedondong yang asam tersebut, buah kedondong mempunyai banyak sekali kandungan gizi dan senyawa yang diperlukan oleh tubuh. Serat, protein, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, kalsium, sukrosa dan pectin hampir lengkap yang ada di dalam buah kedondong. Semua kandungan tersebut membuat buah kedondong patut dijadikan buah konsumsi sehat sehari-hari.

Jika Kamu suka dengan buah yang mempunyai rasa yang asam untuk membuat rujak atau manisan ? Buah yang satu ini sangat cocokĀ  untuk kamu jadikan rujak atau manisan. Selain dapat dijadikan manisan atau juga rujak, kedondong dapat dimakan langsung atau diolah menjadi ramuan herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Buah kedondong mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sampai dengan buah kedondong juga dapat mengatasi dan mencegah berbagai penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Inilah khasiat buah kedondong dan penjelasannya!

Menyembuhkan luka

Kandungan yang ada pada kedondong merupakan vitamin A yang bermanfaat untuk membantu dalam proses penyembuhan luka dari dalam. Jika Kamu sudah memberikan obat luar untuk luka di kulit Kamu, Kamu dapat mengimbanginya dengan mengonsumsi kedondong.

Mencegah penyakit jantung

manfaat buah kedondong yang juga penting merupakan sebagai makanan pencegah penyakit jantung. Kandungan gizi yang lengkap akan membantu jantung Kamu bekerja dengan optimal dan menjadikannya lebih sehat.

Sebagai Obat batuk

Buah kedondong juga dapat dijadikan sebagai obat batuk, khasiat kedondong untuk penderita batuk adalah sebagai obat peredanya. Penyakit ini dapat diobati dengan mengolah kedondong menjadi halus yang selanjutnya menambah sedikit garam. Ramuan ini dapat diminum penderita batuk sehari dua kali.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat kedondong yang selanjutnya yaitu manfaat buah kedondong untuk dijadikan sumber makanan penguat daya tahan tubuh. Hal ini diperkuat dengan kandungan vitamin C. Daya tahan tubuh Kamu akan semakin meningkat jika Kamu memakan buah kedondong dengan teratur.

Sebagai Anti oksidan

Vitamin C juga mampu menjadi vitamin penangkal radikal bebas. Inilah mengapa apabila buah kedondong merupakan buah dengan fungsi antioksidan yang terbaik untuk mencegah radikal bebas yang mengganggu kesehatan tubuh.

Untuk Mengatasi diare

Manfaat buah kedondong juga ampuh untuk mengatasi diare. Hal ini karena buah asam yang satu ini punya kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh, termasuk bakteri yang ada pada pencernaan pemicu diare.

Sebagai obat anemia

Khasiat buah kedondong selanjutnya yaitu berkaitan dengan kandungan zat besi yang ada pada buah kedondong. Zat besi berfungsi sebagai senyawa untuk obat anemia karena penambahan sel darah merah dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi.

Dapat menyehatkan mata

Buah kedondong punya kandungan vitamin A yang bagus untuk membuat mata Kamu jauh lebih sehat. Buah kedondong cocok untuk mereka yang menderita mata minus sejak kecil sehingga dapat mengurangi penurunan ketajaman mata.

Mengontrol kadar kolesterol

Buah kedondong dengan vitamin C nya juga mampu mengontrik kadar kolesterol dalam tubuh Kamu. Hal ini karena vitamin C dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kerja metabolisme, sehingga kadar kolesterol dapat lebih seimbang.