Ini Dia Batas Usia Anak untuk Memakai Carseat

  • Doxapest
  • Mar 23, 2022

Untuk bisa membuat si kecil menjadi nyaman dan juga tenang selama dalam perjalanan, ada banyak sekali para orang tua yang memasang sebuah kursi yang memang khusus untuk bayi atau yang biasa dikenal dengan sebuah istilah carseat.

Carseat sendiri merupakan sebuah kursi mobil yang memang dikhususkan untuk anak ataupun bayi. Kursi yang satu ini umumnya berukuran lumayan kecil, dengan bantalan yang sangat empuk dan juga bentuknya yang begitu menyesuaikan dengan posisi duduk yang sangat nyaman untuk si kecil.

Anak-anak atau bayi akan bisa ditempatkan pada kursi ini dan juga menggunakan sabuk pengaman yang cukup kencang tetapi tetap nyaman  dan pastinya pas di tubuh si kecil. Carseat yang digunakan ketika berkendara itu sudah dilengkapi dengan beberapa tujuan dan juga manfaat dari menggunakan carseat untuk anak-anak dan bayi yang berkaitan dengan keselamatan si kecil.

Di Indonesia sendiri, penggunaan carseat ini masih bisa dibilang sangat jarang. Alih-alih mereka menggunakan sebuah carseat, malahan sebagian orang tua justru memilih untuk memangku si kecil ketika mereka sedang berkendara. Padahal sebenarnya, memangku ini justru bisa mengancam keselamatan dari orang tua dan juga si kecil apabila terjadi suatu kecelakaan.

Risiko si kecil bisa terlepas dari genggaman kalian para orang tahu yang kemudian bisa terpental tentunya sangatlah berbahaya. Agar kalian para orang tahu bisa semakin yakin untuk menggunakan carseat ini, penting sekali untuk kalian bisa mengetahui tentang apa saja manfaat dari menggunakan carseat untuk si kecil.

Kebanyakan dari orang tua juga sangat enggan untuk bisa menggunakan carseat ketika anak-anak itu sudah berusia 2 tahun ke atas. Alasannya sendiri karena si kecil ini sudah mulai menjadi tidak betah ketika duduk sambil terikat di car seat, padahal sebenarnya menurut Dr. Rosary mengatakan bahwasanya batas usia anak memakai carseat dan bisa kalian biarkan untuk duduk sendiri pada kursi mobil itu ketika sang anak sudah berusia sekitar 8 sampai 12 tahun.

Dan sudah mencapai tinggi berat badan sekitar 23 kg serta tinggi badannya sekitar 145 cm. Sebagian besar anak-anak itu biasanya baru bisa menggunakan sebuah sealt belt ketika mereka sudah mencapai umur 10 sampai 11 tahun.

Jenis-jenis Carseat

Convertible Car Seat

Jenis carseat yang satu ini merupakan salah satu jenis yang jauh lebih besar dan juga mempunyai suatu limitnya yaitu antara 27 kilogram sampai dengan 45 kilogram. Sehingga jenis carseat ini diperuntukkan untuk anak-anak yang sudah berusia sekitar 2 sampai 3 tahun.

Infant Car Seat

Selanjutnya yaitu ada Infant Car Seat yang bisa kalian gunakan dengan sebuah posisi yang menghadap berlawanan dengan posisi dari kursi mobil para orang dewasa ataupun menghadap ke belakang. Kalian juga bisa untuk memindahkan posisi ataupun mengeluarkan car seat ini dari dalam mobil tanpa harus lagi kalian membuka sabuk pengaman untuk anak-anak atau bayi yang memang sedang menggunakannya.

 All In One Car Seat

Jenis car seat yang satu ini mempunyai ukuran yang bisa kalian atur sendiri, sehingga nantinya akan bisa digunakan untuk anak-anak yang usianya berada di bawah 2 tahun sampai dengan anak yang berusia 13 tahun. Tidak heran memang jika harga dari carseat yang satu ini jauh lebih mahal jika di bandingkan dengan dua jenis car seat yang sebelumnya.