Etika Hubungan Terapis-Klien

  • 3 min read
  • Mar 18, 2021
Etika Hubungan Terapis-Klien

Datang kepada psikiater merupakan salah satu hal yang banyak digunakan oleh masyarakat modern. Mereka sadar jika dengan melakukan terapi ini dapat membantu memecahkan kecemasan ataupun permasalahan yang sedang dihadapinya. Tentunya pihak psikiater juga mengetahui bagaimana etika hubungan terapis-klien.

Hubungan psikolog (terapis) dengan klien

Tak bisa dipungkiri jika psikiater adalah salah satu orang yang dapat membantu mengatasi kecemasan. Banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk melepaskan suatu kecemasan. Tentunya dalam melakukan beberapa metode tersebut diperlukan sebuah etika hubungan terapis-klien.

Hal tersebut sudah menjadi salah satu standar umum yang memang harus dijalankan. Namun ada beberapa oknum yang mengaku sebagai psikiater dan tidak menerapkan standar etika tersebut. Alhasil klien merasa dirugikan.

Setiap etika hubungan yang diterapkan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dimulai dari kesepakatan tujuan dilakukannya terapi, adanya ikatan hubungan, dan adanya persetujuan dari klien akan metode atau perawatan yang sedang dijalankan.

Tentunya dengan adanya faktor-faktor tersebut dapat membantu membangun empati dari pihak terapis dengan pihak klien. Tujuannya adalah agar agar klien dapat menjalani perawatan dan berubah menuju ke hal-hal positif.

Alasan pihak terapis dan klien tidak diperbolehkan menjalin suatu hubungan

Tak bisa dipungkiri jika anda berada di posisi klien. Maka anda akan menceritakan semua hal yang mengganggu. Tentunya anda akan berada di fase kenyamanan dan juga terasa lebih intim dari sebelumnya.

Namun yang perlu anda tekankan adalah seorang terapis dilarang berteman dengan klien. Baik tahap pertemanan maupun ke hal yang lebih. Hal ini memang dianggap melanggar etika yang sudah ada. Bahkan hubungan yang terjalin tersebut lebih sering disebut dengan hubungan ganda atau dual relationship.

Sebagai contohnya hubungan ganda adalah seorang terapis menganggap klien sebagai teman atau bisa berujung ke arah hubungan seksual. Tentunya hal tersebut dapat dinilai suatu tindakan yang tidak etis. Selain itu adanya hubungan ganda juga akan menjadi sebuah penghambat dalam proses perawatan atau penyembuhan yang dilakukan oleh pihak client.

Maka dari itu sangat ditekankan jika hubungan antara terapis dan juga klien tidak berarah ke tahap pertemanan agar proses perawatan yang dilakukan tetap berjalan dengan lancar.

Tanda-tanda anda harus ke psikiater

Beberapa orang yang memiliki permasalahan memang terkadang enggan untuk datang ke pada seorang psikiater. Padahal terapis yang dilakukan atas bantuan psikiater memang sangat dapat membantu proses penyembuhan atau mendorong seseorang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih positif.

Secara umum psikiater dapat diartikan sebagai seseorang yang dapat membantu mengatasi permasalahan kehidupan dan permasalahan mental. Tentunya semakin cepat anda mendapatkan perawatan psikiater.

Maka permasalahan yang anda alami akan semakin cepat terselesaikan. Lantas kapan waktu yang tepat untuk datang kepada pihak psikiater ?. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda anda harus datang ke pihak psikiater.

  1. Kehidupan yang terasa lebih sulit

Ketika kehidupan yang anda jalani terasa begitu sulit. Maka gak ada salahnya untuk mendatangi psikiater. Mereka akan membantu menemukan permasalahan yang sedang anda alami. Selain itu mereka juga dapat memberikan anda sebuah masukan atau pemecahan suatu permasalahan.

Tentunya mereka akan memberikan perawatan terbaiknya agar anda dapat berubah ke sisi yang lebih positif.

  1. Ketika tak ada yang dapat membantu

Tak bisa dipungkiri tahapan permasalahan yang dimiliki oleh setiap orang selalu berbeda levelnya. Beberapa orang memang dapat menemukan orang yang dirasa cocok untuk membantu setiap permasalahan yang sedang dialaminya.

Namun tak sedikit pula yang tak dapat menemukan orang yang tepat untuk membantu permasalahannya. Tentunya jika permasalahan yang anda alami tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Kelak seiring berjalannya waktu akan memberikan efek yang begitu besar. Maka dari itu ketika anda merasa orang sekitar tak dapat menangani permasalahan tersebut. Menggunakan terapis psikiater adalah alternatif terbaik yang dapat dilakukan.

  1. Mulai beralih ke hal negative

Yang perlu ditekankan adalah jika setiap permasalahan yang dijalani selalu mendapatkan jalan keluar. Namun proses dalam mendapatkan jalan keluar memang berbeda-beda dari setiap permasalahan yang dihadapi.

Parahanya adalah beberapa orang mulai lari ke sisi kehidupan negatif. Jika anda memutuskan untuk melakukan hal tersebut. Maka permasalahan yang dihadapi tak kunjung reda, malah akan semakin rumit.

Maka dari itu menggunakan terapis psikiater adalah salah satu pilihan untuk menghindari opsi ke arah negatif. Dengan begitu anda dapat mengurangi permasalahan yang sedang dihadapi serta perbaikan mental dengan lebih baik lagi.

  1. Saran dari orang terdekat

Meskipun anda dapat menemukan teman cerita untuk setiap permasalahan yang dihadapi. Namun belum tentu masukan yang diberikan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Beberapa orang akan menyarankan untuk menggunakan jasa psikiater untuk membantu permasalahan yang sedang dihadapi.

Anda tak perlu khawatir jika menggunakan jasa psikiater. Mereka akan bekerja secara profesional dan menjunjung tinggi akan etika hubungan terapis-klien.