Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dengan Point–point Pentingnya

  • Doxapest
  • Oct 12, 2022

Ketika menulis surat lamaran kerja maka Anda akan menemukan beberapa point yang dianggap penting. Point ini nanti bisa dijadikan landasan seputar gaya kepenulisan hingga proses menulis agar lebih rapi dan enak dibaca. Bagi yang sedang memulai untuk membuat surat lamaran kerja.  Maka memperhatikan point ini akan menambah konteks menulis yang baik dan benar. Berikut contoh surat lamaran kerja tulis tangan dengan point – point pentingnya antara lain :

Konteks jelas dan terarah

Sangat penting ketika melamar kerja penuh dengan semangat tinggi. Agar Anda siap dan berpeluang diterima bekerja tentunya langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat surat lamaran kerja. Cukup sulit memang terlebih jika Anda masih belum memahami point penting ketika menulis surat. Maka dari itu agar surat lamaran kerja tulis tangan Anda dapat segera dibaca oleh HRD. Anda harus bisa membuat konteks pada pesan sejelas mungkin. Jika tujuan menulis sudah jelas maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi.

Tulis diatas kertas folio bergaris

Perlu untuk mencermati setiap point yang penting. Untuk Anda yang sedang menulis surat lamaran kerja maka dapat menggunakan kertas berkualitas. Bagi yang hendak menulisnya menggunakan pena akan lebih baik jika menggunakan kertas folio bergaris. Kertas ini dapat membuat tulisan menjadi rapi, menghindari kontur teks yang melenceng dan sebagainya.

Hindari salah menulis

Jika sedang akan melakukan menulis surat. Tulisan tangan juga bisa berpotensi mengalami kesalahan kepenulisan. Akan lebih baik jika Anda lebih berhati – hati agar tidak mengalami correction pen. Cukup fatal ketika diwaktu Anda menulis dan ternyata terdapat kesalahan didalamnya. Si penerima akan menganggap bahwa Anda tidak teliti, kurang cekatan dan bahkan berpotensi untuk ditolak. Teliti sangat diperlukan sebelum mengirim surat lamaran kerja.

Buat tulisan yang dapat menarik minat membaca

Menulis surat lamaran kerja tulis tangan juga bisa dibuat semenarik mungkin. Anda bisa mengisi di bagian pembuka dengan kalimat yang sopan. Beberapa kalimat lainnya yang bisa digunakan seperti skill, inovasi dan sebagainya juga bisa diterapkan pada surat lamaran kerja.

Rapi dan jelas terbaca

Bagian point yang sangat penting untuk diperhatikan dalam menulis adalah kerapian. Surat lamaran kerja tulis tangan yang rapi dan jelas terbaca akan membuat si penerima atau HRD dapat dengan seksama membacanya. Point ini mencangkup seluruh konteks kepenulisan sehingga Anda harus dapat membuatnya serapi dan semenarik mungkin.

Mudah dipahami

Menulis yang baik adalah yang tulisannya mudah dipahami. Anda dapat menulis mulai dari pembuka hingga penutup surat semenarik mungkin. Tujuan daripada menulis surat lamaran kerja ini adalah agar konteksnya mudah dipahami oleh si penerima. Bayangkan jika HRD membaca tulisan Anda yang berantakan dan tidak rapi. Alangkah lebih baik jika pointnya dibuat seformal mungkin agar langsung mengarah kepada point pentingnya. Ini akan mempermudah Anda dalam mendapatkan pandangan positif dari perusahaan.

Pusatkan pada kalimat yang menjual

Jika ingin cepat diterima kerja maka buatlah kalimat menjual. Para penerima kerja mungkin membuat lowongan kerja untuk mengisi posisi yang kosong. Namun, Anda yang masih fresh graduate tetap bisa mendapatkan pekerjaan yang relevan selama dibagian isi surat dibuat konteks yang menjual. Anda bisa membuat menawarkan  seperti keahlian, kemampuan teknis atau beberapa hal yang bisa Anda tonjolkan. Dengan cara ini maka HRD akan dapat mengerti bahwa Anda pada dasarnya memiliki keterampilan tersendiri dan serius dalam melamar kerja.

Surat lamaran kerja adalah sebuah solusi untuk siapapun yang ingin cepat bekerja. Dengan memahami dan menerapkan contoh surat lamaran kerja tulis tangan dengan point – point pentingnya maka hasil yang didapat akan lebih maksimal.