Cari Tempat Jual Elbow Pipa Kualitas Terbaik dan Harga Murah? Begini Triknya

  • 2 min read
  • Aug 11, 2020
Elbow Pipa

Elbow pipa merupakan salah satu jenis peralatan pipa yang sering digunakan oleh masyarakat. Biasanya digunakan sebagai penyambung pipa lainnya untuk mengalirkan fluida. Masyarakat kebanyakan lebih sering menggunakannya untuk sambungan pipa air. Entah itu di rumah-rumah, kantor, atau gedung-gedung lainnya.

Fungsi Pipa Elbow

Jika biasanya Anda melihat pipa berbentuk lurus memanjang, maka pipa jenis elbow punya bentuk lain yakni membungkuk pada bagian sudutnya. Sehingga kedua sisi ujung tidak sejajar. Pastinya, Anda pun sudah sering melihatnya ketika seseorang menyambungkan pipa terlebih saat kontur permukaan terdapat belokan. Untuk bahan pembuatannya pun beragam, bisa dari besi, plastik, kuningan dan sebagainya.

Pada dasarnya, bentuk pipa yang satu ini memang membungkuk. Meskipun begitu, sudut bengkokannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, pemasangan pipa jenis ini bisa dilakukan sesuai sudut belokan tersebut. Untuk mempermudah proses pemasangan, atau agar membuat pemasangannya jadi lebih aman dan terhindar dari bocor, biasanya pengguna akan menambahkan lapisan khusus yang bisa juga Anda temukan dengan mudah.

Tips Mendapat Pipa Elbow Berkualitas dan Harga Murah

Untuk mendapatkan pipa jenis elbow, memanglah mudah. Karena banyak toko yang menjualnya. Namun, untuk mendapatkan elbow pipa dengan kualitas terbaik dan harganya murah, beberapa trik berikut bisa Anda aplikasikan. Pasalnya tidak semua penjual memberikan hal tersebut. Nah, tips apa sajakah itu?

  1. Tentukan Jenis Bentuknya

Sebelum Anda membeli pipa jenis elbow, ada baiknya agar terlebih dahulu untuk menentukan bentuk elbow yang seperti apa. Tentunya, Anda harus melihat dulu bagaimana permukaan yang akan dilalui oleh pipa saat penyambungan nantinya. Pasalnya, bentuk pipa ini bisa berbeda ukuran sudut dan kurvanya, begitu pun bentukannya.

  1. Lihat Produknya

Selain bentuknya yang beragam, biasanya tempat jual elbow pun terdiri dari berbagai macam merk yang bisa dipilih. Terlepas dari apapun merk atau brand yang Anda pilih, pastikan ada beberapa standar yang dipenuhi. Seperti misalnya SNI (Standar Nasional Indonesia) yang merupakan standarisasi industri di Indonesia untuk menentukan kualitas suatu produk yang dibuat. Selain itu, ada juga standarisasi lain yang mengacu pada standar luar negeri.

  1. Pilih Bahan yang Tepat

Tak hanya brand, bahan yang digunakan oleh pipa pun perlu jadi perhatian. Bahkan ketika Anda memilih elbow PVC, karena jenis ini pun terdiri dari beberapa macam sesuai kelasnya. Baik itu kelas AW yang tebal sehingga cocok untuk saluran air dengan tekanan tinggi, kelas D dengan ketebalan sedang, atau kelas C yang punya ketebalan cukup tipis.

Dengan mengetahui jenis bahan yang dipilih, maka Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jangan sampai, ketika Anda menggunakan pipa untuk pengaliran air pompa yang bertekanan tinggi, namun pipa yang dipilih tipis dan pastinya akan mudah rusak atau tidak kuat menahannya. Lebih baik memilih produk kualitas tinggi, selain awet itu pun bisa lebih menghemat biaya.

  1. Pastikan Tokonya Terpercaya

Tips selanjutnya yang bisa Anda realisasikan ketika memilih tempat penjual elbow pipa tentunya melihat bagaimana toko penjual. Banyak sekali toko yang sebetulnya bisa Anda pilih. Namun, terkadang tidak semuanya bisa dipercaya. Ada beberapa oknum penjual yang menawarkan kualitas tinggi, namun saat barang digunakan, mudah rusak atau tidak sesuai apa yang ditawarkan. Hal tersebut, bisa terjadi ketika penjualnya tidak jujur.

Itulah mengapa, penting sekali untuk memilih toko yang sudah terpercaya dan direkomendasikan. Terlebih jika Anda akan membelinya secara online, pastikan toko tersebut punya review positif dari pelanggan lainnya. Pun, pastikan agar toko tersebut benar-benar menyediakan jenis pipa elbow sesuai kebutuhan Anda.

Mengingat cukup pentingnya kehadiran dari pipa jenis elbow sebagai pelengkap sambungan pemasangan pipa untuk berbagai kebutuhan, maka pemilihan produk elbow pipa yang berkualitas pun harus dipertimbangkan dengan matang.