Cara Mengobati Pilek dan Flu dari SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 05, 2021
Pilek dan Flu

Masalah flu atau influenza juga dapat membuat kamu susah bernapas lega, kemudian tenggorokan gatal, Kemudian hidung meler atau tersumbat, timbul bersin-bersin, sampai dengan mata yang terus berair. Walaupun memang bukan penyakit berbahaya, tapi gejala flu yang tidak diobati juga dapat mengganggu aktivitas bahkan sampai menimbukan komplikasi. Namun ada kabar baiknya, sekarang ada banyak pilihan obat flu yang secara alami serta cara pengobatan sederhana yang bisa bisa kamu coba di rumah.

Lalu apa saja saja obat alami yang ampuh mengatasi flu yang mengganggu?

Masalah flu adalah infeksi virus influenza yang suka menyerang saluran pernapasan bagian atas, misalnya seperti hidung dan tenggorokan.

Sehingga virus ini juga dapat menyebar melalui droplet kemudian ke cairan liur dan juga yang terbawa oleh udara, bisa juga melalui kontak fisik dengan penderita, ataupun menyentuh benda yang sebelumnya telah terpapar virus.

Dan umumnya, tubuh bisa memiliki sistem pertahanan sendiri untuk dapat menghentikan infeksi virus. Oleh karena itu, dalam kasus infeksi seperti flu, maka hal terpenting yang perlu kamu lakukan yakni meningkatkan daya tahan tubuh.

Karena dengan demikian, tubuh kamu pasti akan bisa melawan infeksi dan gejala-gejala flu akan dapat mereda.

Biasanya, flu bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, jika gejalanya sangat mengganggu serta kamu juga enggan minum obat flu, namun ada sejumlah bahan alami dan juga aktivitas yang diyakini akan ampuh sebagai obat untuk mengatasi flu misalnya seperti menggunakan Betadine cold defense Nasal spray, dan juga bahan alami seperti:

1. Menggunakan Bawang putih

Ketika makan bawang putih mentah-mentah ini salah satu cara untuk mengatasi flu yang paling baik. Karena ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih juga memiliki efek antivirus yang juga dapat mencegah flu atau pilek, dan dapat mempercepat penyembuhan penyakit.

Kemudian adanya kandungan minyak allicin atau senyawa yang memberikan harum khas bawang putih juga banyak dipercaya ampuh untuk melawan pilek dan flu. Akan tetapi jika risih atau tidak suka dengan baunya, maka kamu juga bisa mencampur rajangan bawang putih ke dalam berbagai masakan rumahan, salah satunya tumis buncis bawang putih.

Kemudian tidak lupa irisan bawang putihnya dimakan juga, ya! Sehingga kamu juga bisa menambahkan beberapa irisan bawang putih, ataupun tumbuk halus satu siung, lalu masukan ke dalam semangkuk air panas untuk menguapi wajah kamu selama 10 menit.

2. Menggunakan Madu

Bukan hanya bawang putih, madu juga bahan yang termasuk sebagai obat flu alami yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Madu punya sifat antimikroba alami dari madu yang dapat membantu tubuh melawan kuman dan penyakit, dan termasuk bakteri dan juga virus penyebab flu. Madu juga dapat membantu untuk meredakan gejala penyerta flu, salah satunya seperti pilek dan batuk.

Agar bisa meredakan flu dengan bawang putih, kamu bisa larutkan 2 sendok madu dalam segelas air hangat kemudian diminum setiap pagi dan juga malam hari.

Tapi ada satu hal penting yang harus kamu ketahui, mengonsumsi madu tidak boleh diberikan pada bayi yang masih usianya kurang dari 1 tahun. Karena dengan memberikan madu pada bayi justru malah meningkatkan risiko mereka terkena infeksi botulisme. Maka dari itu hindari untuk menggunakan madu sebagai obat flu alami untuk anak-anak, ya, dan kamu juga bisa beli obat flu di Toko SehatQ  lho.