Cara Cek Garansi Xiaomi

  • 2 min read
  • Jun 26, 2021
Cara Cek Garansi Xiaomi

Sebagai pengguna smartphone, kamu  pasti sudah tidak asing lagi dengan HP Xiaomi. Xiaomi adalah salah satu dari sekian banyak merk smartphone yang sudah memiliki nama besar di Indonesia. Smartphone merk ini dikenal memiliki spesifikasi yang cukup gahar di kelasnya dan dijual dengan harga yang relatif lebih murah dari pesaing smartphone di kelasnya. Bahkan hampir setiap bulannya Xiaomi merilis tipe smartphone baru dengan harga yang relatif terjangkau.

Hal ini lantas membuat masyarakat Indonesia semakin banyak yang tertarik dan akhirnya memutuskan menggunakan smartphone Xiaomi. Sayangnya tidak semua smartphone Xiaomi yang dijual di Indonesia memiliki garansi resmi, ada juga yang garansi distributor. Karena tidak semua tipe smartphone Xiaomi dijual di Indonesia, akhirnya membuat beberapa penjual mengimport tipe HP Xiaomi tertentu dari luar negeri dengan garansi Internasional.

Jika kamu membeli dari seller yang amanah, biasanya akan dibantu untuk klaim garansi apabila ada kerusakan. Tetapi akan memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, kamu tidak dapat mengklaim garansi di service center Xiaomi yang ada di Indonesia jika menggunakan Xiaomi garansi distributor. Karena klaim garansi di service centre Xiaomi hanya berlaku untuk HP Xiaomi bergaransi resmi. Lalu, bagaimana cara mengecek garansi HP Xiaomi? Jawabannya ada pada penjelasan selanjutnya.

Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi atau Distributor

Garansi adalah salah satu hal yang cukup penting, karena kamu akan membutuhkan nya ketika HP Xiaomi yang digunakan mengalami kerusakan. Jadi hal ini tidak seharusnya dianggap remeh ketika membeli HP Xiaomi baru maupun bekas. Sebelum membeli sebaiknya cek dulu garansinya resmi atau distributor. Cara yang paling tepat untuk mengetahui garansi Hp Xiaomi dengan menerapkan beberapa cara yang berhasil saya kutip dari technokuy.com berikut ini.

  1. Cek Kotak HP

Cara sederhana dan paling mudah untuk mengetahui garansi HP Xiaomi adalah melalui dusbook atau kotak HP. Jika garansi resmi pasti ada stiker TAM yang menempel di bagian depan dusbook. Sampai saat ini TAM merupakan satu-satunya distributor resmi Xiaomi di Indonesia. Jadi, kalau tidak ada stiker TAM kemungkinan besar HP Xiaomi tersebut garansi distributor. Ketika kamu akan membeli HP Xiaomi bekas sebaiknya waspada. karena ada beberapa oknum yang mengganti dusbook dengan yang palsu.

Untuk memastikan keasliannya, kamu dapat mengecek nomor IMEI yang ada di dusbook. pastikan no IMEI tersebut sama persis dengan yang ada  di HP Xiaomi. Cara cek IMEI sangatlah mudah, kamu cukup buka aplikasi Panggilan lalu ketik kode *#06#. Setelah itu, secara otomatis nomor IMEI akan tampil di layar. Selain itu, kamu dapat mengetahui nomor IMEI melalui menu “Pengaturan”. Caranya seperti ini :

  • Buka aplikasi “Settings” atau “Pengaturan”.
  • Lalu buka menu “Tentang Ponsel” atau “About phone”.
  • Kemudian buka opsi “Status”, lalu buka menu “IMEI information”.
  • Selanjutnya akan muncul 2 nomor IMEI berbeda milik SIM card 1 dan 2.

Agar tidak lupa, silahkan catat nomor IMEI tersebut. Nantinya nomor IMEI masih akan digunakan pada tahap selanjutnya.

  1. Kunjungi Situs Registrasi Produk Xiaomi

Setelah kamu mendapatkan nomor IMEI dari HP Xiaomi yang kamu pegang, langkah selanjutnya adalah mengecek garansi secara online dengan mengunjungi url buy.mi.co.id/id/registration. Setelah terbuka, silakan masukkan nomor IMEI pada kolom yang telah disediakan. Jika sudah, silahkan klik tombol “langkah selanjutnya”. Jika HP Xiaomi yang kamu cek garansi resmi, maka akan muncul Indonesia sebagai negara pembelian.

Selain itu, akan ada beberapa informasi lainnya seperti waktu produksi dan waktu aktivasi yang menandakan garansi masih aktif atau tidak. Jika garansi masih aktif, maka kamu dapat mengklaim garansi tersebut di service centre Xiaomi dengan catatan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya garansi hanya berlaku untuk kerusakan yang bukan disebabkan oleh bencana alam maupun human error. Situs di atas merupakan situs resmi registrasi produk Xiaomi, bisa dipastikan data yang muncul valid. Kamu dapat membukanya melalui smartphone maupun laptop.