Caption Text Bahasa Inggris: Penggunaan, Karakteristik dan Macam-Macamnya

  • 2 min read
  • Aug 18, 2021
Caption Text Bahasa Inggris

Di era serba digital ini banyak istilah yang sering muncul baik di sosial media atau di media lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan sebelumnya, dimana orang lebih banyak menggunakan bahasa indonesia atau paling tinggi menggunakan bahasa ilmiah. Tetapi sekarang ini sangatlah berbeda dimana ada kata-kata yang dalam bahasa inggris tetapi digabung dengan bahasa indonesia.

Salah satu istilah yang populer di era digital ini adalah caption text. Dua kata tersebut tentunya berasal dari bahasa inggris, sehingga beberapa orang mungkin kurang mengerti apa itu maksudnya. Untuk itu dalam artikel ini kamu akan dijabarkan terkait apa sebenarnya caption text ini mulai dari kegunaan, karakteristik hingga macam-macamnya.

Kegunaan

Sebelum beralih pada kegunaan, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu caption text. Dua kata ini memiliki artinya ketengan yang berupa tulisan yang melekat pada setiap gambar. Jadi mudahnya, dua kata ini melekat pada suatu gambar untuk menjelaskan dari gambar tersebut.

Dengan ini, kegunaan dair caption text ini tidak lain adalah menjelaskan akan maksud dari suatu gambar. Biasanya caption text sering digunakan ketika orang sedang memposting sesuatu di Instagram. Dua kata ini lebih banyak digunakan untuk menjelaskan gambar-gambar yang ada pada media sosial ini.

Karakteristik

Untuk caption text ini rasanya lebih dekat kepada menjelaskan suatu gambar. Karena prosesnya menjelaskan jelas ini ada kemiripan dengan review produk jika dalam bisnis. Sebab, sifatnya sama-sama menjelaskan akan suatu gambar tertentu agar mudah dipahami.

Tetapi untuk caption text ini tentu berbeda, sebab caption text memiliki karakteristik tertentu, salah satunya bahasanya singkat. Jadi untuk dua kata ini memang menjelaskan suatu gambar tetapi fungsinya hanya penjelasan singkat saja. berbeda halnya dengan review dimana ini menjelaskan secara detail terkait gambar yang ada di dalamya.

Selain dari bahasa yang singkat, kalimat di dalamnya juga berupa tenses apapun. Jadi dalam menggunakan caption text untuk menjelaskan, kamu bisa menggunakan simple tenses, simple past. Jadi dalam bahasa inggris ini, kamu bisa memilih tenses manapun untuk digunakan.

Selanjutnya, caption text ini berisi kata-kata yang mengandung ajakan untuk melakukan sesuatu. Selain ajakan juga bisa berupa kata mutiara, movivasi dan juga yang lainnya dimana isinya menjelaskan secara singkat. Umumnya memang kata-kata ini digunakan untuk menjelaskan gambar yang kurang jelas. Sehingga, proses penjelasan singkatnya menggunakan caption text ini.

Macam-macam

Untuk macam-macam dari caption ini memang banyak digunakan pada beberapa tema apapun. Umumnya, kata-kata tersebut digunakan pada saat menjelaskan suatu produk yang akan dijual. Tetapi secara garis besar, caption text tidak hanya tertentu pada bisnis tetapi bisa juga berupa tema pendidikan, kebudayaan, sekolah, corona dan yang lainnya.

Pada intinya, semuanya bisa masuk dalam kategori caption ini selama di dalamnya ada gambar yang mungkin sulit untuk dipahami oleh sebagian orang. Sehingga, proses penjelasan singkatnya menggunakan caption ini. Dengan seperti itu maka gambar ini bisa lebih jelas dipahami dan juga memiliki arti dan maksud dari gambar tersebut.

Itulah beberapa hal terkait dengan caption text yang mungkin belum banyak kamu pahami. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh caption text pada link tersebut mulai dari yang pendidikan hingga yang lainnya. Dengan contoh ini diharapkan kamu bisa memahami bagaimana menulis caption text dengan benar menggunakan bahasa inggris.