Bisnis Franchise: Pengertian dan Kelebihan yang Harus Kamu Tau

  • Doxapest
  • Dec 21, 2021

Jika membeli bisnis yang sudah mapan tidak cocok untuk Anda karena biaya yang cukup mahal, tetapi memulai bisnis dari awal kedengarannya agak menakutkan karena Anda belum memiliki pengalaman, Anda mungkin cocok untuk memilih bisnis franchise.

Apa itu Bisnis Franchise?

Bisnis franchise atau waralaba pada dasarnya adalah membangun hubungan franchisee atau pewaralaba membayar biaya awal dan royalti yang berkelanjutan kepada pemilik merek dagang franchise atau yang disebut franchisor.

Sebagai imbalannya, pewaralaba memperoleh penggunaan merek dagang, dukungan berkelanjutan dari franchisor, dan hak untuk menggunakan sistem franchise untuk melakukan bisnis dan menjual produk atau layanannya.

Selain nama merek terkenal, bisnis franchise menawarkan banyak keuntungan lain yang tidak tersedia untuk pengusaha ingin memulai bisnis dari awal.

Cocokkah Bisnis Franchise untuk  Pemula?

Mungkin yang paling penting adalah Anda akan mendapatkan sistem operasi dan pelatihan yang sudah terbukti berhasil. Dengan memilih bisnis franchise Anda dapat menghindari banyak kesalahan yang biasanya dibuat oleh pengusaha pemula karena pemilik waralaba telah menyempurnakan operasi harian melalui trial and error.

Franchisor yang memiliki reputasi baik melakukan riset pasar sebelum menjual outlet baru, sehingga Anda akan merasa lebih percaya diri bahwa ada permintaan untuk produk atau layanan yang akan Anda tawarkan.

Gagal melakukan riset pasar yang memadai adalah salah satu kesalahan terbesar yang biasanya dilakukan oleh pengusaha independen; sebagai franchisee, itu dilakukan untuk Anda. Franchisor juga memberi Anda gambaran yang jelas tentang kompetisi dan bagaimana membedakan bisnis Anda dari mereka.

Akhirnya, pewaralaba menikmati keuntungan dari kekuatan dalam jumlah. Anda akan mendapatkan keuntungan dari skala ekonomis dalam membeli bahan, persediaan dan layanan, seperti iklan, serta dalam negosiasi untuk lokasi dan persyaratan sewa.

Sebagai perbandingan, Bisnis independen harus bernegosiasi sendiri, biasanya mendapatkan penawatan yang kurang menguntungkan. Beberapa pemasok tidak akan berurusan dengan bisnis baru atau akan menolak bisnis Anda karena bisnis Anda tidak cukup besar.

Kelebihan Bisnis Franchise

Kekuatan terbesar dari bisnis franchise adalah kemampuannya untuk menyatukan retailer independen menggunakan satu merek dagang dalam satu konsep bisnis. Manfaatnya banyak, seperti: kesadaran merek, keseragaman dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, kekuatan dari kumpulan iklan dan efisiensi pembelian kelompok.

Untuk pemilik perorangan, ada beberapa keuntungan dari franchise. Risiko kegagalan bisnis yang selalu ada berkurang ketika program bisnis telah terbukti berhasil di pasar; penggunaan merek dagang yang mapan menghemat biaya pemilik bisnis dan mengiklankan nama yang akan dikenali pelanggan; dan keuntungan dari iklan dan pembelian grup membuat operasi lebih menguntungkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda membangun dan bekerjasama dalam bisnis franchise. Bisnis apapun, hal utama yang Anda harus lakukan adalah konsisten dan berkomitmen dalam membangun bisnis yang sukses.

Perhatikan juga proses keuangan dalam usaha Anda, terutama pada fase awal memulai bisnis. Anda harus mengatur semua pengeluaran secara ketat dan meminimalisir pemborosan pada pengeluaran.

Related Post :