Berbagai Nama Klub Sepakbola Indonesia Yang terkenal

  • Doxapest
  • Apr 11, 2022

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak klub penggemar untuk tim sepak bola telah meningkat secara signifikan. Sepertinya pengaruh sepak bola juga cukup besar dan kini menjadi salah satu olahraga terpopuler di Indonesia. Dan juga dengan adanya olahraga sepak bola ini akan snagat menguntungkan bagi orang-orang yang memiliki usaha pembuatan jersey printing karena para pemain akan menggunakan seragam yang sama.

Apa Saja Nama-nama Klub Sepakbola Yang Terkenal di Indonesia?

Persib

Semua orang pasti sangat mengenal tim ini. Tim sepak bola ini berasal dari Bandung, ibu kota Jawa Barat . Klub penggemar untuk tim ini dikenal sebagai “Viking”. Faktanya adalah klub penggemar ini telah didirikan sebelum klub penggemar sepak bola lainnya ditemukan. Tim ini juga bisa dilihat sebagai pionir untuk mengukir sejarah sepak bola di Indonesia .

Berdasarkan media sosial, Persib Bandung memiliki kurang lebih 16 juta pengikut. Jumlah ini cukup besar dan hingga saat ini masih terus bertambah. Sebagian besar, Persib memperoleh pengikut dari Facebook. Tidak hanya di platform digital, dalam kehidupan nyata Persib memiliki banyak penggemar yang mendukung dari segala usia dan jenis kelamin.

 “Viking” diambil sebagai nama fans club Persib Bandung karena beberapa alasan, seperti terinspirasi dari etnis Viking di Skandinavia. Viking di Skandinavia dikenal sebagai salah satu etnik yang suka keliling dunia.

Persija

Sebagai olahraga paling populer untuk anak-anak di Indonesia , sepak bola telah mempengaruhi banyak orang dalam banyak hal. Kemudian, sepak bola menjadi sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Sehingga wajar jika semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui semua tentang tim sepak bola Indonesia, termasuk Persija. Bisa dimaklumi jika sudah banyak orang Indonesia yang mengenal tim sepak bola yang satu ini. Kami merasa akrab dengan “sentuhan oranye” di setiap kesempatan jika Persija akan berlaga di beberapa kejuaraan. Persija memiliki nama yang unik untuk fans club-nya yaitu Jakmania. Pelopor paling penting di balik berdirinya Jakmania adalah Rasyid Ali. Ia dikenal sebagai manajer Persija. Kita juga tahu bahwa Persija adalah tim sepak bola populer dari ibu kota kita.

The Jakmania memiliki basecamp sendiri. Basecamp terletak di Stadion Lebak Bulus, di mana mereka mengadakan banyak rutinitas dan kegiatan menyenangkan untuk mempererat hubungan satu sama lain. Anda tidak perlu khawatir, karena Jakmania akan selalu melakukan open recruitment untuk member baru.

Arema FC

Klub penggemar Arema dikenal sebagai “Aremania”. Berbeda dengan Jakmania yang tergabung dalam struktur organisasi Persija, Aremania bukan merupakan bagian dari struktur organisasi Arema. Orang-orang yang mencintai Arema mendirikan “Aremania” untuk menjadi fans club yang mendukung Arema setiap kali Arema bertanding.

Yang membuat Aremania spesial adalah Aremania merupakan supporter paling setia di negara kita. Bagi mereka, tidak terlalu penting melihat kemenangan di Arema. Yang terpenting hanyalah kemauan mereka yang kuat untuk mendukung Arema sepenuh hati.

Sriwijaya

Sekarang, mari kita beralih ke posisi keempat tim sepak bola terbesar dan paling didukung di Indonesia. Ini adalah tim sepak bola Sriwijaya yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Tim sepak bola ini didirikan pada tanggal 23 Oktober 2004. Tim sepak bola Sriwijaya juga dikenal sebagai “Elang Andalas Laskar Wong Kito”.

Sriwijaya juga memiliki banyak pengikut yang mendukung, mereka adalah Sriwijaya Mania. Mereka sering datang ke beberapa kompetisi setiap kali Sriwijaya memiliki pertandingan.

Bali United

Tim sepak bola asal Bali ini hampir sepopuler Sriwijaya FC. Perbedaan jumlah pengikut digital mereka tidak jauh. Bali United memiliki 1,5 juta komunitas di internet. Jadi, sepertinya Bali United memiliki popularitas tersendiri di dunia sepak bola Indonesia.