Begini Cara Buat Siaran Pers, Salah Satunya Melalui Jasa Press Release Terbaik

  • 2 min read
  • Jan 11, 2021
Jasa Press Release

Anda pernah mendengar tentang jasa press release? Apakah yang dimaksud dengan press release? Press Release merupakan sebuah pernyataan yang bentuknya tertulis yang ditujukan langsung kepada pihak media. Di dalam press release sendiri biasanya memuat rangkaian berita, seperti jadwal kegiatan, hasil penjualan, perolehan penghargaan, kenaikan pangkat di kantor, dan lain sebagainya. Meski terdengar sederhana, namun tidak banyak orang yang bisa membuat press release dengan tepat.

Contohnya ketika Anda hendak membuat berita istimewa, Anda juga bisa memanfaatkan press release ini untuk mengumumkannya kepada khalayak. Biasanya seorang reporter akan mempertimbangkan ide ketika hendak memperoleh press release terlebih dahulu. Hal ini tentu bukan alasan, karena tujuannya sendiri adalah agar khalayak lebih tertarik untuk melihatnya.

Tahap-tahap Membuat Press Release dengan Baik dan Benar

Bagi Anda yang masih awam dengan jasa press release ini maka sebaiknya ketahui beberapa tahapan dalam membuatnya berikut ini.

  1. Pikirkanlah Pesan Dasar

Hal pertama dan utama yang harus diperhatikan adalah pesan dasar atau intisari dari hal yang dibicarakan. Tentukan tema yang bisa dikembangkan menjadi judul dan informasi lainnya.

  1. Judul Harus Orisinil dan Menarik

Hal yang paling penting, salah satunya dalam membuat press release adalah kemenarikan dari judulnya. Buatlah judul orisinil yang berbeda dari lainnya. Gunakanlah kalimat yang singkat namun jelas dan tepat sasaran. Jangan lupa sesuaikan dengan pedoman penulisan judul yang benar.

Mulailah menuliskan tubuh naskah dengan menuliskan kapan dan tempat press release tersebut dituliskan. Kemudian, pilihlah kalimat utama yang sekiranya menarik bagi pembaca.

  1. Penyampaian 5W+1H

Pembuatan berbagai jenis karangan tentunya tidak akan terlepas dari penggunaan pedoman 5W+1H, tak terkecuali tulisan di jasa press release. Berikan informasi secara lengkap sehingga informasi benar-benar disampaikan secara utuh.

  1. Tambahkan Ilustrasi

Menambahkan ilustrasi di dalam press release Anda membuat khalayak tertarik untuk mengetahui informasi yang dibahas di dalamnya. Dengan begitu, press release Anda akan dibaca hingga selesai. Pilihlah gambar yang mengandung unsur storytelling agar jauh lebih menarik.

  1. Buatlah yang Jelas

Buatlah press release yang sudah siap terbit agar tampak siap diterbitkan dibandingkan dengan lainnya. Hindari berbagai hal atau faktor yang bisa membuat editor atau pihak jasa press release terhambat dalam melakukan proses penerbitan press release Anda dengan cara mempersiapkannya sematang mungkin sehingga dapat cepat diterbitkan tanpa perlu melakukan banyak revisi.

  1. Hubungkan dengan Hal-Hal Lainnya

Anda harus cukup kreatif dalam membuatnya dengan cara menghubungkannya dengan hal-hal lainnya. Anda bisa menautkan sejumlah informasi yang berkaitan dengan informasi yang disampaikan di dalam press release. Anda juga bisa memberikan data-data pendukung lainnya.

  1. Pelajari Struktur Dasar

Setelah memastikan kualitasnya sudah baik maka selanjutnya pelajari sejumlah struktur dasar terkait dengan penulisannya sehingga meminimalisir kesalahan yang mungkin saja terjadi.

  1. Tuliskan Informasi Perusahaan

Tuliskan informasi yang berkaitan dengan perusahaan sedetail mungkin agar jelas.

  1. Tambahkan Informasi Kontak

Jangan lupa untuk menyertakan kontak agar mudah dalam menghubungi terkait dengan press release yang sudah ditulis. Jika berhak diterbitkan maka akan ada pihak yang menghubungi Anda untuk berbagai kepentingan terkait dengan penerbitan press release tersebut.

Sebenarnya selain membuat sendiri press release, Anda juga bisa memanfaatkan jasa press release baik online maupun offline yang sudah banyak membuat berbagai press release yang sudah tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Anda bisa membandingkan dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Bagaimana, sudah tahu hendak memilih yang mana?