Apa Itu Cloud Server? (Pengertian Sampai Cara Berlangganannya)

  • Doxapest
  • Jun 14, 2022

Pernahkah Anda mengalami mimpi buruk seperti ini? Apalagi, kalau Anda adalah pebisnis dan yang hilang adalah data penting perusahaan. Laporan keuangan hingga daftar email calon pelanggan, misalnya. Pasti ribet kalau harus mengumpulkan data kembali dari awal. Belum lagi, kalau mau ganti device harus memindahkan semua secara manual. Jelas, ini akan menyita banyak waktu. 

Oleh sebab itu, rombaklah cara lawas menyimpan data dengan beralih ke cloud server Indonesia. Cloud server adalah ruang virtual yang memungkinkan Anda menyimpan hingga mengolah data di mana saja secara praktis.

Pasti, Anda makin penasaran apa itu cloud server kan? Tanpa berlama-lama, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Cloud Server?

Cloud server adalah server virtual yang berjalan di lingkungan cloud computing. Cloud computing (komputasi awan) merupakan teknologi untuk menyimpan hingga mengolah data menggunakan sumber daya internet.

Ibarat awan, seluruh data yang Anda butuhkan tersimpan dalam ruang virtual di internet. Bukan lagi hanya di alat penyimpanan fisik seperti flashdisk, memori komputer, ataupun DVD.

Siapa Sih yang Perlu Menggunakan Cloud Server?

Dari tadi, Anda sudah mempelajari pengertian cloud server. Tapi, sebenarnya apakah Anda membutuhkannya? Memangnya, cloud server cocok untuk siapa saja sih?

Faktanya, 81% perusahaan sudah menyimpan minimal satu aplikasinya ke cloud. Tidak mengherankan, sebab cloud server cocok digunakan oleh:

1. Toko Online

Kalau Anda memiliki web toko online yang pengunjungnya cukup melimpah, pertimbangkanlah memakai cloud provider indonesia.

Selain untuk menyimpan data katalog produk hingga data pelanggan, cloud server memungkinkan Anda memiliki web dengan kecepatan yang lebih stabil. Dengan resource mumpuni, tentunya situs akan lebih siap menerima lonjakan visitor apalagi ketika ada diskon besar-besaran.

2. Layanan Edukasi/Sekolah 

Sejak pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, pembelajaran secara online sudah menjadi kebutuhan. Nyatanya, 93% anak sekolah sudah mulai remote learning (belajar online jarak jauh).

Yang tadinya belajar secara tatap muka, sekarang materi-materi didistribusikan secara online. Begitu juga dengan pengadaan ujian, banyak yang sudah mengadopsi model Computer Based Test (CBT).

Oleh sebab itu, layanan edukasi seperti bisnis e-learning dan sekolahan direkomendasikan memakai server virtual. Dengan begitu, seluruh kebutuhan belajar online dapat terpenuhi dengan baik, aman, dan lancar.

Cara Kerja Cloud Server

Cara kerja cloud server bisa diumpamakan sesederhana memakai tangki air. Saat Anda mau menyiram tanaman, alih-alih menimba air dari sumur, Anda bisa langsung menyalakan keran dan mengalirkan air sebutuhnya.

Bagaimana maksudnya?

Sekarang, bayangkan jika tangki diibaratkan server virtual, sedangkan air di dalamnya berisi data dan program. Untuk mengalirkan air ke keran, Anda butuh pipa alias internet.

Kelebihan Cloud Server

Supaya Anda makin mengenalnya, silakan simak kelebihan cloud server yang lebih detail di bawah ini:

Mudah dan Leluasa dalam Mengakses Data

Seperti yang Anda tahu, pemakaian cloud server cukup fleksibel. Di manapun lokasi Anda, seluruh data dan program tetap bisa Anda jalankan selama ada akses internet. 

Bebas Menggunakan Ruang Penyimpanan

Seperti yang sudah Anda tahu, cloud server memang berfungsi sebagai ruang penyimpanan. Meski begitu, tidak semua cloud server itu sama, lho.

Pada jenis hosting tertentu (Shared Hosting, WordPress Hosting, dll), cloud server cuma bisa menyimpan data web hosting. Tapi, lain halnya dengan Cloud VPS yang memungkinkan Anda menyimpan file pribadi yang tidak ada hubungannya dengan website.

Paket Layanan Cloud Storage dan Cara Mudah Berlangganan

Ada beberapa pilihan paket yang bisa Anda pilih untuk menggunakan layanan cloud storage. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara mudah untuk berlangganan cloud storage. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja pilihan paket cloud storage yang aman dan cara berlangganan dengan mudah dan tepat.

Layanan cloud storage seringkali disebut sebagai layanan penyimpanan awan. Penyimpanan yang satu ini akan membuat Anda bisa menghemat penggunaan ruang penyimpanan internal. Baik penghematan ruang penyimpanan internal pada gadget maupun komputer dan laptop.

Data penting yang akan Anda unggah dan simpan pada akun cloud storage akan tersimpan dengan aman di beberapa ruang penyimpanan yang tersedia di CBNCloud dengan cara kirim inquiry via email ke [email protected] Sejumlah server yang digunakan oleh pihak pengelola cloud storage disebut sebagai hosting.