Dengan semakin berkembangnya zaman ternyata memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan. Salah satunya melalui sistem kredit keuangan yang saat ini banyak ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan. Tidak hanya dilakukan secara offline saja, pemberian kredit tersebut juga dilakukan secara online melalui lembaga pinjaman online. Dengan kemudahan proses pengajuan dan pencairan maka tak heran jika masyarakat semakin memilih layanan kredit online sebagai solusi masalah keuangan. Namun pastikan kredit tersebut resmi dan terpercaya  sehingga kredit tersebut lebih aman dan bebas penipuan.

Meskipun pengajuan kredit online tersebut mudah namun tak bisa dipungkiri kredit tersebut bisa menemui kendala saat pengajuan atau bahkan ditolak. Mungkin anda bertanya-tanya dan penasaran kenapa pengajuan kreditq online tersebut ditolak. Untuk menjawab rasa penasaran anda sekaligus mencegah terjadinya penolakan maka dalam artikel ini akan diberikan alasan pengajuan kredit ditolak beserta solusinya.

Penyebab Pengajuan Kredit Pinjaman Ditolak

Jika pengajuan kreditq ditolak maka kemungkinan ada beberapa alasan yang perlu anda ketahui diantaranya sebagai berikut.

  1. Gagal Verifikasi

Saat anda mengajukan kredit online maka biasanya anda akan diminta menulis data diri secara lengkap termasuk nomor telepon yang bisa dihubungi. Pastikan nomor tersebut aktif dan bisa dihubungi sehingga bila pihak bank membutuhkan verifikasi data maka anda bisa memberikan jawaban dengan cepat. Biasanya kegagalan verifikasi disebabkan oleh bank yang tidak bisa menghubungi nomor anda saat akan proses verifikasi.

  1. Fraud atau Penipuan

Hindari melakukan pemalsuan data apapun saat mengajukan kredit online baik berupa data pribadi maupun dokumen. Bila anda terbukti melakukan penipuan maka pengajuan kredit tersebut sudah pasti akan ditolak. Sebab saat proses verifikasi ternyata ditemukan data tersebut palsu.

  1. Dokumen yang Tidak Terbaca

Meskipun anda sudah melengkapi seluruh dokumen yang dipersyaratkan namun pengajuan kredit bisa saja ditolak. Sebab dokumen tersebut ternyata tidak bisa terbaca dengan jelas. Biasanya masalah ini terjadi untuk dokumen yang difotocopy.

  1. Jumlah Kredit yang Terlalu Besar

Saat anda mengajukan jumlah kredit, maka sebaiknya jangan mengajukan terlalu besar. Sebagai patokan silakan mengajukan nilai kredit sesuai dengan penghasilan yang anda miliki perbulannya. Terlebih biasanya lembaga keuangan tersebut akan memberikan pinjaman dengan besar plafon sesuai dengan penghasilan. Bila jumlah kredit yang diajukan terlampu besar dibandingkan penghasilan maka kemungkinan pengajuan kredit akan ditolak.

  1. Menunggak Tagihan Kartu Kredit

Ada beberapa lembaga kredit online yang mempertimbangkan riwayat kartu kredit untuk menentukan pengajuan kredit diterima atau ditolak. Bila anda membayar tagihan kartu kredit secara rutin tanpa tunggakan maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman akan diterima. Namun bila anda pernah memiliki tunggakan pembayaran tagihan kartu kredit maka pengajuan pinjaman bisa saja ditolak.

Solusi Agar Pengajuan Kredit Online Tidak Ditolak

Mengajukan kredit online memang bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu mengatasi masalah keuangan anda. Namun kondisi keuangan yang baik biasanya ditentukan oleh anda sendiri sebagai pengatur keuangan tersebut. Supaya pengajuan kredit online tersebut tidak ditolak maka biasakan untuk disipilin dalam membayar tagihan kartu kredit mauapun jenis tagihan lainnya. Selain itu pastikan memenuhi persyaratan secara lengkap dan jelas untuk mempermudah proses verifikasi data saat pengajuan kredit online. Lalu pahami betul langkah pengajuan pinjaman dan proses pembayarannya sehingga anda bebas kendala saat proses peminjaman.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan pengajuan kredit online anda ditolak beserta solusinya. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa menemukan jawaban kenapa kreditq ditolak. Bila anda ingin mencoba mengajukan kredit online maka silakan memilih Tunaiku sebagai lembaga yang aman dan terpercaya. Download aplikasi Tunaiku disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app.