6 Keunggulan Reksadana Pasar Uang yang Cocok untuk Anda

  • 3 min read
  • Aug 12, 2021
Reksadana Pasar Uang

Istilah investasi semakin berkembang dan banyak peminatnya. Salah satunya dengan munculnya reksadana pasar uang. Instrumen investasi ini memiliki risiko yang sangat kecil dibanding dengan jenis reksadana lainnya.

Dana yang diinvestasikan di reksadana pasar uang ini 100% dikelola dalam instrumen seperti deposito dan obligasi. Jangka waktunya pun tidak lebih dari satu tahun.

Nah, apa saja keunggulan dari reksadana pasar uang ini?

  • Lebih Stabil dari Investasi Saham

Keuntungan dari reksadana jenis ini lebih stabil dibanding ketika Anda investasi saham. Dengan stabilnya keuntungan ini Anda bisa lebih mudah mencapai tujuan investasi.

Berbeda dengan nilai saham yang sangat fluktuatif. Karena nilai dari reksadana ini tidak terlalu mudah diguncang oleh kondisi perekonomian global. Jangka waktu investasi ini bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek, bahkan kurang dari setahun.

  • Keuntungan Relatif Tinggi

Keuntungan untuk reksadana relatif lebih besar dari deposito. Deposito memiliki suku bunga yang tetap, dan tidak ada peningkatan keuntungan. Sedangkan reksadana dari jenis pasar uang ini cenderung terjadi peningkatan pada nilai aset-aset yang ada di dalamnya.

Begitu juga ketika Anda memilih reksadana saham, yang memiliki potensi keuntungan lebih tinggi daripada pasar uang. Namun, semakin besar keuntungan, semakin besar pula faktor risiko yang didapatkan.

  • Dana Bisa Dicairkan Kapan Saja

Tidak perlu menunggu jatuh tempo seperti ketika Anda berinvestasi di deposito. Apalagi Anda harus membayarkan penalti ketika ingin menarik uang di deposito sebelum jatuh tempo.

Ketika berinvestasi di reksadana pasar uang, Anda bisa melakukan transaksi penjualan dan pembelian dengan mudah. Kapanpun Anda inginkan, Anda bisa menjual aset tersebut dan mendapatkan pencairan dana kapanpun diinginkan.

Investasi jenis ini tentunya akan membuat investor tidak terlalu was-was ketika menginginkan dana untuk kebutuhan darurat.

  • Investasi dengan Modal Kecil

Investasi ini sangat cocok bagi pemula dalam investasi. Meskipun dengan dana yang tidak terlalu besar, sudah bisa mendapatkan investasi dengan keuntungan yang menggiurkan.

Berbeda dengan deposito yang mengharuskan menyetorkan uang dalam jumlah tertentu. Ada kelas-kelas tertentu yang ditetapkan pada investasi deposito. Sehingga investasi dalam bentuk reksadana menjadi pilihan lebih menguntungkan daripada deposito.

  • Gratis Biaya Pembelian dan Penjualan

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa dengan dana yang tidak besar pun Anda sudah bisa memiliki aset investasi. Jumlah investasi tersebut bisa terus Anda tambahkan setiap saat tanpa khawatir dengan biaya pembelian ataupun biaya penjualan.

Jika pun ada yang harus dikeluarkan, biayanya sangat kecil. Bahkan lebih banyak yang menyediakan layanan dalam pembelian aset reksadana ini secara gratis.

Setiap bulannya, Anda bisa menentukan jumlah yang ingin ditambahkan dalam investasi. Jika hal itu dilakukan secara rutin, maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa semakin besar dari hari ke hari.

  • Risiko Kecil

Faktor risiko pada jenis reksadana pasar uang ini sangat minim, bahkan cenderung tidak ada sama sekali. Berbeda ketika Anda memilih investasi saham yang nilainya sangat fluktuatif.

Dari sisi risiko ini, pasar uang jauh lebih stabil, dan selalu menunjukkan peningkatan pada nilai asetnya. Para investor pemula sangat cocok untuk memilih instrumen investasi ini dibandingkan langsung memilih untuk reksadana saham.

Namun, ketika investor sudah mengetahui secara baik bagaimana kinerja dari beberapa instrumen investasi ini, bisa mencoba untuk memilih reksadana saham. Dimana risikonya jauh lebih besar, namun juga memberikan hasil yang lebih besar daripada reksadana pasar uang.

Investasikan Uang Anda di Reksadana Berkala Melalui UT Saving Plan

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal dari reksadana pasar uang, pilih investasi reksadana berkala dengan UT Saving Plan sebagai instrumen investasi terbaik. Fasilitas dari DBS Treasures ini selain sesuai dengan keunggulan yang telah dijelaskan, juga memiliki keunggulan lebih spesifik.

Langsung saja simak 3 USP fasilitas reksadana berkala melalui UT Saving Plan ini!

  • Pengelolaan Investasi oleh Profesional

Reksadana terbaik pastinya dikelola oleh manajer keuangan yang profesional. Dengan kinerja yang optimal, akan membuat investasi Anda bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan tujuan investasi.

  • Panduan Lengkap Berinvestasi Setiap Saat

Setiap investor harus tahu dengan baik apa saja produk investasi yang digunakannya. DBS Treasures selalu siap untuk terus menemani Anda setiap saat. Karena wawasan berinvestasi sangatlah penting untuk mendapatkan apa yang diinginkan dalam tujuan investasinya.

  • Diversifikasi Produk yang Aman untuk Investasi

Produk Reksadana UT Saving Plan ini memiliki berbagai jenis aset investasi. Dengan adanya diversifikasi ini, tentunya bisa menekan faktor risiko, sehingga investasi akan sangat aman. Apalagi dengan peningkatan nilai yang stabil dari reksadana pasar uang, pastinya investasi Anda akan jauh lebih aman.

Selain itu, ada keunggulan tambahan dari Reksadana Berkala melalui UT Saving Plan ini. Dimana Anda bisa berinvestasi secara konsisten dan tidak harus khawatir dengan pengaruh fluktuasi pasar.

Itulah keunggulan dari produk reksadana pasar uang yang cocok untuk para investor pemula. Rasakan keuntungan dari setiap uang yang Anda investasikan di DBS Treasures, dengan memilih fasilitas investasi reksadana berkala di UT Saving Plan ini sekarang juga.