6 Contoh Aplikasi ERP Terbaik untuk Mengelola Perusahaan

  • 2 min read
  • Apr 24, 2021
Aplikasi ERP

Contoh aplikasi ERP terbaik adalah aplikasi yang dapat mengelola seluruh kegiatan bisnis. Mulai dari customer service hingga masalah keuangan. Di zaman sekarang, semakin banyak software ERP yang dapat Anda temukan.

Meski begitu, memilih software ERP tidak bisa Anda lakukan secara asal-asalan. Karena setiap software mempunyai bentuk, ukuran, dan fitur yang berbeda-beda, maka Anda harus memilih aplikasi yang terbaik. Nah, berikut ini beberapa software ERP terbaik yang bisa Anda gunakan.

  1. Zahir ERP

Zahir ERP merupakan rangkaian sistem terintegrasi untuk memudahkan pengelolaan perusahaan. Sistem ERP ini dapat Anda aplikasi pada berbagai bidang. Zahir ERP menawarkan sejumlah modul menarik bagi penggunanya, seperti persediaan stok, pencetakan faktur, hingga mengelola utang piutang.

Selain itu, sistem ERP ini menyajikan laporan keuangan secara akurat dan dapat Anda akses secara real time. Keunggulan lain dari sistem ini adalah manajemen aset, SDM dan CRM. Menariknya lagi, sistem ERP ini memungkinkan Anda untuk terintegrasi secara tatap muka.

Data rekam jejak pada sistem ERP juga diproses secara digital, sehingga dapat Anda pantau dari waktu ke waktu. Tak hanya sebatas pengelolaan perusahaan, Zahir ERP hadir dengan layanan pajak yang cukup beragam. Mulai dari pajak penghasilan, perencanaan pajak, pajak pertambahan nilai, hingga konsultasi pajak.

  1. NetSuite ERP 

Software ERP yang juga mempunyai fitur lengkap dan banyak digunakan adalah NetSuite ERP. Aplikasi ini bisa Anda sesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan perusahaan. Aplikasi ini juga cocok untuk berbagai bidang usaha. Sementara itu, keunggulan NetSuite ERP terletak pada pencatatan keuangan dan audit pengeluaran.

  1. Odoo ERP

Sama seperti Zahir ERP, aplikasi ini juga menerapkan teknologi modern untuk membantu mengelola suatu bisnis. Odoo ERP menawarkan fitur-fitur menarik, seperti penjualan, akuntansi, POS, manajemen proyek, dan lain-lain.

Salah satu keunggulan Odoo ERP adalah kemampuannya dalam manajemen CRM dan SDM, sehingga Anda bisa memantau kinerja karyawan. Dari segi penggunaan, aplikasi ERP ini terbilang fleksibel dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

  1. ECount ERP

Software ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi ERP sebelumnya. ECount ERP dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas bisnis. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur penting seperti manajemen pembelian, inventaris, akuntansi, penjualan, dan lain sebagainya.

Selain dapat diakses lewat laptop maupun PC, aplikasi ini dapat Anda akses lewat smartphone. Sehingga Anda bisa lebih mudah mengaksesnya.

  1. Sage Intacct

Sage Intacct merupakan sistem ERP yang dapat Anda terapkan pada bidang waralaba, akuntansi, grosir, perhotelan, hingga non profit. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang mudah untuk Anda gunakan. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini juga terbilang lengkap. Mulai dari pengelolaan keuangan perusahaan, hingga pengelolaan pajak.

  1. Oracle’s E-Business Suite

Sistem ERP yang satu ini dapat Anda gunakan untuk manajemen keuangan perusahaan. Selain itu, software ERP ini juga menyediakan modul yang cukup lengkap, seperti CRM, project, hingga procurement.

Pada dasarnya, software ERP memberikan banyak kemudahan pada pelaku bisnis dalam mengelola perusahaan. Berkat modul dan fitur lengkap yang terdapat pada aplikasi ERP, Anda bisa memantau kondisi perusahaan secara lebih mudah.

Laporan keuangan hingga kinerja karyawan dapat Anda kontrol melalui aplikasi ERP. Dari keenam contoh aplikasi ERP di atas, sebaiknya pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan aplikasi yang tepat.