5 Buku Teratas yang Harus Dibaca Semua Penulis di Tahun 2020

  • 2 min read
  • Dec 13, 2020
Generasi Kembali ke Akar (2019): Dr. Muhammad Faisal

Hanya dengan duduk membaca buku, Anda mampu menjelajahi dunia tanpa harus membuang waktu di perjalanan. Tidak harus bertatap muka, melalui buku Anda dapat berdialog dengan penulis untuk menjelajahi pikiran dan pengalamannya.

Namun untuk itu, Anda harus memilih buku yang tepat dan menarik untuk dibaca.

Rekomendasi Buku Best Seller Tahun 2020 yang Wajib Dibaca

Lima buku best seller 2020 versi Internasional dan Indonesia berikut ini merupakan rekomendasi terbaik untuk Anda:

  • Generasi Kembali ke Akar (2019): Dr. Muhammad Faisal

Buku Generasi Kembali ke Akar karya Dr. Muhammad Faisal mampu membangkitkan semangat patriotis. Seperti diketahui bahwa  penulis sering mengkaji tentang isu yang berkaitan dengan anak muda.

Buku yang mengusung sejarah generasi di Indonesia sebagai salah satu topiknya ini masuk best-seller awal tahun 2020. Secara garis besar, berisi tentang sebuah upaya generasi muda untuk meneruskan imajinasi Indonesia.

Salah satunya yang penulis sebut sebagai generasi phi atau generasi millenial yang kreatif dan inovatif.

  • Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa (2020): Alvi Syahrin

Buku karya Alvi Syahrin ini menjadi urutan kedua sebagai buku best-seller pada awal tahun 2020. Berupa kumpulan narasi pendek yang menjadi kekhawatiran di masa depan serta cara menyikapi harapan dan impian yang belum dikabulkan.

Buku yang terbit pada Februari 2020 ini penuh dengan kutipan pendukung untuk tidak putus asa. Quotes-quotes motivasi dituangkan dalam beberapa cerita-cerita pendek yang menarik dan menginspirasi.

Kemudian bersikap masa bodoh dengan standar kesuksesan yang dibuat media dan membuat standar kebahagiaan sendiri.

  • Educated (2018) : Tara Westover

Buku yang terbit pada tahun 2018 ini masih menetap di urutan lima besar buku best seller versi New York Times tahun 2020. Educated bercerita tentang Tara yang mendapatkan pendidikan formal untuk pertama kalinya di usia 17 tahun.

Tara dengan latar pendidikan formalnya yang minim, terus mengedukasi dirinya sendiri untuk mempelajari banyak hal. Berkat kegigihannya belajar matematika sampai sejarah dunia, Tata berhasil masuk ke Brigham Young University.

Buku ini menginspirasi orang untuk tidak menyerah dan terus maju, khususnya dalam menempuh pendidikan lanjutan.

  • Guru Aini (2020): Andrea Hirata

Karya terbaru Andrea Hirata ini disebut sebagai prekuel dari novel berjudul Orang-Orang Biasa. Buku best-seller keempat tahun 2020 ini menceritakan Ibu Guru Aini yang mempertahankan idealismenya sebagai guru matematika.

Guru yang mengajar di pelosok desa ini meyakini bahwa pendidikan memang membutuhkan pengorbanan. Tema dunia pendidikan Tanah Air dalam buku ini masih sejalan dengan buku karya Andrea Hirata lainnya yaitu “Laskar Pelangi”.

Buku “Guru Aini” masih terinspirasi dari kecintaan Andrea Hirata terhadap dunia matematika dan sains.

  • Persuasive Copywriting (2020): Febri Asiani

Sebuah Seni Menjual Melalui Tulisan karya Febri Asiani ini bisa membantu Anda mempelajari tentang dunia copywriting. Membahas lebih mendalam cara membuat bahasa yang dapat menyentuh emosional, persuasif dan ramah.

Di mana sisi emosional audience menjadi point penting supaya tertarik dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Ketika bahasa pada iklan promosi dapat menyentuh emosional, maka pembaca akan terdorong untuk menjadi konsumen.

Untuk itu Anda membutuhkan copywriter berpengalaman dari saungwriter.com yang mampu menjual apapun melalui tulisan.

Demikian 5 buku teratas yang patut Anda baca untuk menambah ilmu dan wawasan. Selamat menentukan buku mana yang akan menjadi target utama sebagai bahan bacaan Anda.