4 Manfaat Menggunakan Kalkulator Berat Badan

  • 2 min read
  • Dec 12, 2020
Kalkulator Berat Badan

Kalkulator berat badan ideal adalah salah satu cara sederhana untuk menentukan apakah Anda normal, kurus, atau kelebihan berat badan. Cara penghitungan berat badan ini biasanya disesuaikan dengan penghitungan indeks massa tubuh atau IMT. Tidak diragukan lagi, hampir setiap orang memiliki impian untuk mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal. Tidak hanya karena alasan penampilan, penting juga untuk menjaga berat badan yang ideal untuk menjaga kesehatan.

Cara Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Ingatlah bahwa menambah berat badan yang dibutuhkan tidak memiliki efek langsung. Namun, jika Anda melakukannya secara teratur dan bertahap, Anda bisa menambah berat badan ideal di kemudian hari. Berikut beberapa cara mendapatkan berat badan ideal yang sehat dan aman:

  1. Mengurangi Intensitan Berinteraksi dengan Layar

Orang sering menghabiskan banyak waktu di depan layar, seperti menonton TV, bermain video game atau menggunakan komputer. Orang-orang ini sering kali mengalami kelebihan berat badan. Jika Anda terbiasa menghabiskan banyak waktu di depan layar monitor atau perangkat, coba luangkan waktu untuk memindahkan lebih banyak barang mulai sekarang. Anda juga bisa mencoba untuk melakukan banyak istirahat.

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur atau olahraga fisik dapat membakar kalori dan mengurangi jaringan lemak berlebih di tubuh. Meski demikian, olahraga juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Makan Makanan Bergizi

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, disarankan agar Anda mengonsumsi makanan yang bergizi. Beberapa caranya adalah dengan memperbanyak asupan sayur dan buah. Kedua makanan tersebut mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta air dan serat yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang. Hal ini akan membuat Anda makan lebih sedikit camilan atau makan terlalu banyak.

Manfaat Menggunakan Kalkulator Berat Badan

Dengan mengontrol berat badan, Anda tidak hanya akan mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional, tetapi juga akan membawa banyak manfaat bagi tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan kalkulator berat badan:

  1. Mengurangi Resiko Nyeri Sendi

Bila Anda menggunakan kalkulator berat badan, Anda akan tahu apakah berat badan masih dalam kategori normal atau tidak. Hal ini bisa membantu Anda mendeteksi dini apakah ada resiko nyeri sendi dalam tubuh. Bila ada, tentu Anda bisa segera mengatasinya.

  1. Mengurangi Resiko Nyeri Otot

Tahu kadar IMT dalam tubuh bisa membantu mengurangi atau mendeteksi adanya resiko nyeri otot. Anda bisa meminta bantuan dari ahli untuk mengetahui apakah ada kemungkinan tubuh terserang resiko nyeri otot.

  1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Bila Anda memiliki tubuh yang sehat dan ideal, Anda bisa memperbaiki kualitas tidur. Bila memiliki kualitas tidur yang baik, tentunya Anda bisa beraktivitas dengan lebih baik lagi.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah dan Metabolisme

Manfaat yang terakhir adalah bisa membantu untuk melancarkan dan mengetahui metabolisme tubuh. Anda akan tahu berapa IMT yang Anda miliki, sehingga bisa memperkirakan sesuai gejalanya. Misalnya, ketika Anda merasa berat untuk melakukan olahraga, maka Anda bisa memperbaikinya dengan tahu hasil dari IMT.

Itu dia beberapa hal dan manfaat dari menggunakan kalkulator berat badan. Anda akan tahu apa yang seharusnya bisa dilakukan untuk mengurangi atau menambah berat badan hingga menuju dalam kategori normal. Mempertahankan pola hidup sehat adalah kuncinya.