3 Tujuan Utama Social Media Marketing untuk Bisnis yang Wajib Diketahui

  • Doxapest
  • Feb 24, 2022

Di era serba digital ini, hampir seluruh orang di dunia menggunakan media sosial untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Hal ini tentunya membuat media sosial menjadi tempat yang sangat potensial bagi para pelaku bisnis. Namun, sebelum memutuskan menggunakan media sosial mana sebagai sarana promosi bisnis, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dan tujuan social media marketing itu sendiri. 

Socialmediamarketer atau pemasaran melalui media sosial adalah sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi dan penjualan. Saat ini, media sosial memiliki peranan penting dalam lingkup pemasaran. Selain karena cakupan audiens yang luas, teknik pemasaran ini juga hemat biaya dan lebih mudah dalam penerapannya. 

Bagi kamu yang mau merintis atau sedang mengembangkan bisnis, dan ingin melakukan pemasaran di media sosial, ada baiknya kamu mengetahui tujuannya terlebih dahulu. Pada artikel ini, sudah merangkum beberapa tujuan social media marketing untuk bisnis yang wajib kamu ketahui sebelum memulai pemasaran.

1. Tujuan Social Media Marketing yang Utama adalah Meningkatkan Penjualan

Sebagai pelaku bisnis, tentunya tujuan dari berbagai kegiatan pemasaran yang kamu lakukan adalah untuk mendapatkan penjualan. Hal ini tentu saja karena setelah melakukan penjualan, maka bisnis kamu akan memperoleh keuntungan. Hasil dari keuntungan tersebut akan membantu pengembangan bisnis kamu. 

Dengan besarnya potensi media sosial, pastinya peluang untuk meningkatkan penjualan pun semakin besar. Namun, perlu kamu catat, untuk bisa meningkatkan penjualan tersebut tidak bisa melalui proses yang singkat. Ada berbagai perencanaan yang harus bisnis kamu lakukan supaya mencapai tujuan yang kamu inginkan tersebut. 

2. Membangun Minat Masyarakat dan Meningkatkan Kesadaran Merek

Salah satu tujuan utama dalam melakukan pemasaran melalui media sosial adalah untuk membangun dan menarik minat masyarakat terhadap produk atau jasa yang kamu jual. Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran merek terhadap bisnis kamu. 

Seperti yang diketahui sebelumnya, social media marketing telah menjadi teknik pemasaran yang biayanya murah dengan jangkauan konsumen yang tidak terbatas. Jika kamu dapat menerapkannya dengan baik, maka akan memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis kamu. Untuk itu, pastikan bisnis kamu merencanakan strategi konten yang berkualitas, relevan, dan penting untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

3. Memperoleh Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar

Facebook dan Instagram saat ini menjadi media sosial yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis dalam membantu promosi dan meningkatkan penjualan. Media sosial lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah TikTok. Umumnya, TikTok dipakai oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka dengan cara yang lebih variatif. 

Ketiga jejaring sosial tersebut memiliki jumlah pengguna mencapai milyaran yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan, tidak perlu jauh-jauh, pengguna aktifnya di Indonesia sendiri sangat banyak. Hal ini tentunya dapat membantu pelaku bisnis, baik skala besar maupun kecil, untuk memperoleh konsumen yang potensial.

Selain itu, pemasaran melalui media sosial membuat jangkauan target pasar kamu juga semakin luas. Kamu bisa menyasar lebih banyak konsumen menggunakan berbagai fitur yang tersedia dari media sosial. Selain itu, untuk menemukan calon konsumen yang serupa, kamu bisa menggunakan tagar yang terkait dengan bisnis kamu. 

Related Post :